Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Soekarno-Hatta dilengkapi skytrain sbg feeder antar terminal . Foto: dok. Angkasa Pura II

Soekarno-Hatta dilengkapi skytrain sbg feeder antar terminal . Foto: dok. Angkasa Pura II

Angkasa Pura II Targetkan Pimpin Pasar Operator Bandara

Rabu, 18 November 2020 | 20:09 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mencanangkan periode 2020 – 2024 menjadi pemimpin pasar operator bandara di kawasan ASEAN. Perseroan optimistis dapat mencapai visi ini sejalan dengan transformasi perusahaan yang dilakukan sejak 2016.

“PT Angkasa Pura II menjalankan program Transformation 1.0 pada 2016 – 2020 dan kemudian berlanjut ke Transformation 2.0 pada 2020 – 2024 di mana pada kurva kedua transformasi ini kami mencanangkan untuk menjadi pemimpin pasar di ASEAN,” jelas Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan resmi, Rabu (18/11).

Pada 2016 – 2020, lanjut dia, perseroan fokus membangun kultur perusahaan yang kemudian berdampak pada sejumlah pencapaian antara lain lebih besarnya kontribusi pendapatan non-aeronautika (59%) pada tahun 2019 dibandingkan dengan aeronautika (41%). Hal ini adalah salah satu indikasi bahwa perseroan telah menjadi pengelola bandara yang modern, tidak hanya bergantung dari pendapatan aeronautika semata.

Direktur Angkasa Pura II. Foto: IST
Direktur Angkasa Pura II. Foto: IST

Pencapaian selanjutnya, jelas Awaluddin, adalah diterapkannya Smart Airport Fully Integrated serta meningkatkan kesehatan budaya organisasi melalui pengukuran Organization Culture Health Index (OCHI).

Sementara itu, pada program transformasi selanjutnya periode 2020 – 2024, sebut Awaluddin, fokus perseroan adalah memperluas portofolio bisnis, lalu mengadopsi prinsip operasi berstandar global dalam operasional kebandarudaraan, serta membangun sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif.

Menurut Awaluddin, dalam setiap fase transformasi, baik itu Transformation 1.0 maupun Transformation 2.0, program dijalankan secara holistik dan komprehensif sehingga menyentuh setiap aspek perseroan. Transformasi yang dijalankan juga menganut prinsip konsistensi dan berkelanjutan.

“Dengan penerapan transformasi terstruktur dan holistik sejalan dengan penerapan yang komprehensif, konsisten, dan berkelanjutan, saat ini PT Angkasa Pura II memiliki pondasi kokoh untuk menjadi airport enterprise leader in the region,” ujar Muhammad Awaluddin.

Pada tahun depan, Awaluddin menyebutkan, dalam perjalanannya untuk menjadi pemimpin pasar di ASEAN, AP II akan mulai melakukan perubahan pada seluruh model bisnis, operasi dan pelayanan di bandara, hingga pola kerja karyawan guna menjadikan ekosistem bisnis lebih terintegrasi dan terkoneksi.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN