Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo (kanan)

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo (kanan)

APCNG: Bebaskan Kendaraan Berbasis Gas dari Aturan Ganjil Genap

Thres Sandra Desfika, Senin, 12 Agustus 2019 | 22:48 WIB

JAKARTA, investor.id - Asosiasi Perusahaan Compressed Natural Gas Indonesia (APCNG) meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak menerapkan kebijakan ganjil genap untuk kendaraan berbasis gas (CNG).

"Jika kendaraan berbasis listrik diberikan kebebasan dalam aturan mobil ganjil genap, seharusnya kendaraan yang menggunakan gas bumi juga mendapatkan hak yang sama," kata Ketua APCNG Robbi R Sukardi dalam keterangannya, Senin (12/8).

Menurut dia, kendaraan berbasis gas juga terbukti ramah lingkungan, efisien, dan bahkan bukan energi impor sehingga membantu pemerintah dalam mengurangi subsidi impor bahan bakar minyak (BBM).

"Banyak angkutan umum di Jakarta yang sudah menggunakan gas bumi seperti Transjakarta, taksi, dan bajaj. Seharusnya pemerintah memiliki komitmen yang sama untuk mendukung perluasan pemanfaatan gas bagi sektor transportasi," tambah Robbi.

Jika dibanding BBM, lanjut dia, harga gas bumi untuk kendaraan lebih efisien. Contohnya, saat ini setiap sopir bajaj yang mengisi CNG bisa hemat Rp 60.000- 80.000 per hari dari bahan bakar.

"Penggunaan gas bumi terbukti lebih efisien dan yang utama dapat mendukung perbaikan lingkungan seperti di Jakarta. Kami memberi apresiasi atas upaya dan inisiatif Gubernur Anies Baswedan untuk memperbaiki kualitas udara Jakarta dengan energi bersih," tegas Robbi.

Sesuai Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara, Pemprov DKI Jakarta membebaskan kendaraan listrik melewati jalur ganjil genap. 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA