Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Bike to Work Tunggu Jalur Sepeda

Senin, 30 Mei 2011 | 14:38 WIB
Antara

BEKASI - Pehobi berkendara sepeda ke kantor atau "Bike to work" menunggu realisasi pemkot Bekasi membuat jalur khusus untuk mereka sehingga bisa lebih aman dan eksistensinya diakui.

"Saya dengar pada 2011 akan dibuat jalur sepeda sepanjang 5 Km dari Pekayon dan mudah-mudahan saja bisa dilaksanakan segera," ujar Tommy dari komunitas bersepeda ke tempat kerja, di Bekasi, Senin.

Menurut karyawan swasta di bilangan Jalan Sudirman itu adanya jalur khusus makin memudahkan pengendara bisa sampai ke tempat tujuan lebih cepat apalagi ada kepedulian dari pengendara moda transportasi lain.

Warga perumahan Pondok Mitra Lestari Jati Asih yang sepekan setidaknya mengendarai sepeda tiga kali ke kantor itu menegaskan komunitas mereka merasa kurang nyaman dan aman terutama di kawasan Kalimalang karena harus berjibaku untuk bisa tetap jalan menuju kantor.

"Di satu sisi kita telah membantu program pemerintah untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan dan kemacetan, namun pehobi bersepeda juga kadang mendapat perlakuan kurang manusiawi dari kendaraan bermotor," tegasnya.

Atas dasar itu seringkali pada saat jam pulang kantor ia lebih memilih melipat sepeda dan menaikkan ke kereta api karena ketidaknyaman selama di jalan raya.

Dari Pekayon
Rencananya Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat segera merealisasikan pengadaan jalur sepeda untuk mengatasi kemacetan dan mengurangi polusi udara.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Agus Dharma jalur sepeda itu akan dibuat di Jalan Raya Pekayon, tepatnya di depan Perumahan Pondok Pekayon Indah, Bekasi Selatan, hingga Kantor Pemerintah Kota Bekasi di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan.

"Panjangnya Sekitar lima kilometer dengan lebar 1,5 meter yang dibuat di sisi kiri jalan dengan memberi tanda berupa cat berwarna biru, serta sejumlah rambu lalu-lintas yang menerangkan bahwa jalur tersebut khusus bagi sepeda," katanya.

Menurut dia, jalur sepeda di Pekayon merupakan proyek percontohan. “Jika sukses jalur ini juga akan diterapkan di jalan protokol lainnya," kata Agus.

Untuk proses uji coba penggunaan jalur sepeda, kata dia, akan dilakukan pada akhir pekan. Jika terbukti mampu mengatasi kemacetan maka jalur sepeda akan diberlakukan setiap hari kerja Senin sampai Jumat. (gor/ant)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN