Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Alat berat beroperasi di proyek strategis nasional (PSN) kereta Cepat di Cikarang, Jawa Barat.. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Alat berat beroperasi di proyek strategis nasional (PSN) kereta Cepat di Cikarang, Jawa Barat.. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

PEMERINTAH KELUARKAN PERPERS NO 109/2020

Infrastruktur Tol Hingga Telekomunikasi Dipercepat

Sabtu, 28 November 2020 | 13:48 WIB
Nasori Ahmad ,Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Pemerintah mengeluarkan Perpres No 109 Tahun 2020 untuk mempercepat pembangunan berbagai infrastruktur tol, pelabuhan, bandara, kereta, telekomunikasi, hingga gasifikasi batu bara. Peraturan itu menetapkan daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) terbaru, yang terdiri atas 201 proyek dan 10 program di 23 sektor, dengan total investasi sekitar Rp 4.809,7 triliun sampai tahun 2024.

PSN tersebut juga mendapatkan berbagai kemudahan dan stimulus, sebagaimana diatur dalam omnibus law Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, ser ta peraturan-peraturan turunannya.

Pembangunan PSN ini juga bertujuan menciptakan lapang an kerja baru untuk menanggulangi bertambahnya pengangguran akibat dampak pandemi Covid-19 dan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Demikian rangkuman keterangan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan, Corporate Secretary PT Bukit Asam Tbk Apollonius Andwie C, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso, dan Sekretaris Perusahaan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Ifki Sukarya.

Mereka memberikan keterangan secara terpisah.

Menko Perekonomian.Foto: IST
Menko Perekonomian.Foto: IST

Airlangga mengatakan, proyek dan program dalam PSN tersebut memperoleh pembiayaan yang bersumber dari APBN/APBD, BUMN, dan/atau swasta.

“Perpres No 109 Tahun 2020 selain menetapkan 201 PSN, juga pengembangan 10 program yang sangat diperlukan untuk mendorong per tumbuhan dan pemerataan ekonomi nasional. Pada 2021, kita akan melanjutkan percepatan PSN dengan target penyelesaian 38 proyek dengan total nilai investasi sebesar Rp 464,6 triliun.

Percepatan ini diharapkan dapat mendorong perekonomian melalui peningkatan investasi, penyerapan tenaga kerja, ser ta pemulihan industri dan pariwisata,” kata Airlangga selaku ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/11).

Peraturan Presiden No 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Presiden No 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional itu ditetapkan 17 November 2020. Perpres ini berlaku mulai 20 November tahun ini.

“Perpres itu ditujukan untuk meningkatkan investasi dan menciptakan lapangan kerja, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah dan pusat. Ini antara lain terkait dengan perizinan PSN dan pemberian stimulus kepada PSN (tarif 0% untuk Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan/BPHTB atas PSN). PSN harus mengutamakan penciptaan lapangan kerja,” kata Menko.

KPPIP mengestimasikan penciptaan lapangan kerja langsung dari pekerjaan konstruksi sebanyak 878 ribu di tahun 2021 dan 938 ribu di 2022. Masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional antara lain, di sektor teknologi, adalah Proyek Satelit Multifungsi Orbit, Pengembangan Drone Male Kombatan (Male Unmaned Combat Aerial Vehicle) Nasional, Percepatan Pembangunan Technopark Nasional, Pengembangan Teknologi Produksi IVO dan Bensin Sawit dengan Katalis Merah Putih yang Terintegrasi dengan Kebun Rakyat Nasional, serta Pengembangan Industri Garam Nasional. (ayu/es/man/en)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN