Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT JMRB dan PT ITJ berkolaborasi dengan memaksimalkan potensi masing-masing dalam mengerjakan proyek TOD TMII.  Foto : Jasa Marga

PT JMRB dan PT ITJ berkolaborasi dengan memaksimalkan potensi masing-masing dalam mengerjakan proyek TOD TMII. Foto : Jasa Marga

Jasa Marga Gandeng PT ITJ Kembangkan Proyek TOD TMII

Jumat, 20 November 2020 | 17:51 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Jasamarga Related Business (JMRB) akan melakukan pengembangan proyek Transit Oriented Development (TOD) Taman Mini Indonesia Indah (TMII), untuk itu JMRB menandatangani MoU bersama PT Integrasi Transit Jakarta (ITJ).

Direktur Utama PT JMRB, Cahyo Satrio Prakoso menyampaikan, pengembangan berorientasi transit di wilayah TMII sejalan dengan ekspansi bisnis PT Jasa Marga (Persero) Tbk. selaku induk usaha melalui pengembangan koridor jalan tol atau Toll Corridor Development (TCD).

"Rencananya, pengembangan TOD TMII diperuntukkan bagi hotel, retail, auditorium, dan sentra klinik. Saat ini, kami (PT JMRB) sedang dalam proses perizinan termasuk perizinan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk pemanfaatan lahan," jelas Cahyo dalam keterangan resminya, Jumat (20/11).

Dari kiri, Direktur Utama PT JMRB, Cahyo Satrio Prakoso menandatangani MoU bersama Dirut PT ITJ Agus Himawan.  Foto: Jasa Marga
Dari kiri, Direktur Utama PT JMRB, Cahyo Satrio Prakoso menandatangani MoU bersama Dirut PT ITJ Agus Himawan. Foto: Jasa Marga

Lebih lanjut Cahyo menerangkan bahwa sinergi bersama PT ITJ selaku konsorsium antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Transportasi Jakarta melingkupi penyusunan rencana pengembangan dan penataan wilayah kawasan TOD. PT JMRB juga akan menjajaki kerja sama dengan berbagai mitra strategis guna melancarkan proyek TOD tersebut.

"Semoga kerja sama dengan PT Integrasi Transit Jakarta yang merupakan anak usaha BUMD DKI Jakarta dapat menjadi pembuka bagi kerja sama potensial lainnya untuk mewujudkan pengembangan proyek TOD yang sedang kami rencanakan ini," harap Cahyo.

PT JMRB dan PT ITJ dapat berkolaborasi dengan memaksimalkan potensi masing-masing. Untuk diketahui, TOD TMII termasuk bagian dari proyek pengembangan TCD Jagorawi. Selain TOD TMII, PT JMRB juga dipercaya mengembangkan proyek TCD Tol JORR seluas 1,8 hektar yang berada di Koridor TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar menjelaskan bahwa PT ITJ merupakan anak perusahaan dari kolaborasi antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Transportasi Jakarta yang dibentuk untuk mengelola kawasan berorientasi transit dan peluang peningkatan intensitas (KLB) sebagai insentif dalam pembangunan Kawasan (

TOD melalui perencanaan pengelola Kawasan sepanjang koridor MRT Jakarta. 90% saham PT ITJ dimiliki PT MRT Jakarta (Perseroda) dan 10% dimiliki PT Transportasi Jakarta.

Dibentuknya PT ITJ, lanjut William, menjadi wujud atas salah satu mandat utama MRT Jakarta untuk membangun dan memelihara Kawasan. Ke depan, PT ITJ bertugas memvalidasi permohonan pelampauan KLB, analisis kelayakan, dan pemeriksaan uji tuntas terhadap permohonan pengajuan pelampauan KLB dari pengembang.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN