Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Armada bus di Terminal Pulogadung. Foto ilustrasi: beritasatu.com

Armada bus di Terminal Pulogadung. Foto ilustrasi: beritasatu.com

Kemenhub akan Tambah Program Bus Subsidi di 5 Kota

Rabu, 7 April 2021 | 22:10 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

SOLO, investor.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan anggaran sekitar Rp 450 miliar untuk program subsidi angkutan bus buy the service (BTS) pada tahun ini di 10 kota. Program tersebut sudah dilaksanakan sejak tahun lalu di lima kota dan pada tahun ini akan ditambah lagi pelaksanaannya di lima kota lainnya.

Lima kota yang sudah dilayani bus BTS adalah Palembang, Solo, Yogyakarta, Denpasar, dan Medan. Adapun lima kota lainnya yang baru akan dilayani bus BTS pada tahun ini ialah Banyumas, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Banjarmasin.

"Subsidi yang dikucurkan Kemenhub untuk lima kota pertama lebih dari Rp 300 miliar dalam satu tahun dan untuk tahun ini juga," kata Plt Kasubdit Angkutan Perkotaan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hadi Setyabudi Pramono di Solo, Rabu (7/4).

Kemudian, dia melanjutkan, program bus BTS di lima kota lainnya ditargetkan mulai September 2021 dengan anggaran subsidi sekita Rp 150 miliar.

"Rata-rata subsidi di lima kota Rp 300 miliar. Tapi karena  operasionalnya di lima kota berikutnya adalah sekitar September, maka subsidinya sekitar Rp 150 miliar," imbuh Hadi.

Menurut Hadi, program bus BTS di lima kota sejak 2020 hingga 31 Maret 2021 mencatat pergerakan 4,2 juta penumpang. Selain itu, program ini melibatkan setidaknya enam konsorsium operator bus lokal.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN