Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Bakauheni - Terbanggi Besar. Foto: IST

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Bakauheni - Terbanggi Besar. Foto: IST

Kurangi Beban Utang, HK Divestasi 3 Ruas Tol Trans Sumatera

Jumat, 16 April 2021 | 18:18 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) bakal melakukan divestasi tiga ruas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Aksi korporasi  ini  merupakan bagian dari  strategi perusahaan untuk menurunkan beban utang.

"Jadi, di dalam program menurunkan utang kami ada beberapa strategi. Pertama, kami akan melakukan recycle (aset)," ucap Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Tbk Budi Harto dalam kegiatan bertajuk "Mengukur Infrastruktur" yang disiarkan secara virtual pada Jumat (16/4).

Budi menambahkan, beberapa ruas di Trans Sumatera yang sudah beroperasi cukup bagus seperti Medan- Binjai, kemudian Bakauheni - Palembang, dan  Pekanbaru - Dumai akan ditawarkan kepada investor lain. Hasil dari divestasi beberapa ruas tersebut akan digunakan untuk menurunkan pinjaman.

Sedangkan untuk penerbitan global bond, kata Budi, perseroan akan melihat lebih dulu kondisi (timing) tahun ini dan tahun depan. Tapi yang jelas, pihaknya ingin menjaga balancing. Sebagaimana diketahui, Global bond merupakan bagian dari strategi lain yang dijalankan Hutama Karya untuk mempercepat pembangunan JTTS.

Pada kesempatan itu, Budi juga mengungkapkan bahwa Hutama Karya sedang merencanakan untuk melakukan initial public offering (IPO) terhadap tiga anak perusahaannya.

"Kami memiliki tiga perusahaan anak yakni PT HK Infrastruktur, PT Hakaaston  dan PT HK Realtindo. Yang pertama dilakukan IPO adalah HK infrastruktur yang akan dijajaki pada semester II tahun 2021 ini. Kemudian tahun depan ada Hakaaston, dan tahun 2023 HK Realtindo," jelasnya.

Dengan demikian, lanjut Budi, perseroan sedang mempersiapkan rencana tersebut dengan baik supaya dapat memberikan hasil yang juga baik. (mwd)

 

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN