Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kebijakan one way arus balik  diberlakukan dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Cikampek, Jumat (6/5/2022). Foto: PMK

Kebijakan one way arus balik diberlakukan dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Cikampek, Jumat (6/5/2022). Foto: PMK

One Way Arus Balik dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Cikampek  Resmi Berlakukan

Jumat, 6 Mei 2022 | 20:00 WIB
Fatima Bona

JAKARTA, investor.id - Rekayasa lalu lintas one way arus balik pemudik dari  gerbang tol  Kalikangkung Semarang hingga KM 47 Tol Cikampek resmi diberlakukan mulai pukul 14.00 WIB Jumat (6/5/2022) siang hari ini.

"Pemberlakukan sistem one way dilaksanakan pukul 14.00 WIB hingga 24.00 WIB, dimulai dari gerbang tol Kalikangkung Semarang," kata Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai melepas one way arus balik bersama Menteri Perhubungan (Menhub), Menteri Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) dan Kakorlantas di GT Kalikangkung, Jumat, (6/5/2022).

Muhadjir mengungkapkan sistem one way pada arus balik Lebaran 2022 sepanjang 365 KM ini dilakukan untuk arah timur ke barat. Artinya, semua jalur tol dari Kalikangkung hingga Cikampek, baik jalur A maupun jalur B semuanya akan digunakan untuk kendaraan pemudik dari arah Semarang menuju Jakarta.

Sementara itu Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, perilaku para pengendara diharapkan tertib mengikuti jadwal one way agar arus balik bisa berjalan aman dan lancar.

“One way ini kan kita lakukan dalam rangka memberikan keamanan bagi masyarakat, aman berarti safety  sampai ke tujuan dengan selamat dalam waktu yang sesuai dan mengikuti protokol kesehatan,” ujar  Budi.

Selanjutnya, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi menjelaskan, untuk saat ini one way masih sesuai rencana yakni tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022. Masyarakat diminta untuk memperhatikan jadwal yang sudah ada.

"Hari ini besok dan lusa. Saya perlu ingatkan bagi masyarakat yang mungkin terkena dampak dari penerapan one way ini. Mohon pengertiannya, kita sama-sama di jalan raya, manfaatkan jalur yang ada," kata Firman di Tol Kalikangkung.

Ia mengimbau masyarakat yang memanfaatkan jalur kota untuk memilih waktu yang tepat untuk menghindari kepadatan. Firman memberikan tips yaitu melakukan perjalanan pada malam hari.

"Secara teknis kita sampaikan. Apabila ada yang mau menuju lokasi yang tidak bisa lewat jalan tol, manfaatkan waktu sore dan malam hari, masyarakat kota sedang istirahat, jalan sudah lengang," jelasnya.

Firman juga meminta agar masyarakat tidak menunggu di depan pintu tol sampai masa one way selesai. Menurutnya, bisa saja one way diberlakukan 24 jam melihat situasi lalu lintas.

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN