Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
 Direktur Utama Pelindo III Doso Agung. ( Foto: Istimewa )

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung. ( Foto: Istimewa )

Pelindo III Targetkan Ekspor Meningkat 3 Kali Lipat

Thresa Sandra Desfika, Selasa, 3 Desember 2019 | 16:27 WIB

JAKARTA, investor.id - PT Pelindo III (Persero) menargetkan peningkatan ekspor tiga kali lipat melalui pelabuhan kelolaan pada tahun depan. Karena itu, BUMN kepelabuhanan tersebut berkoordinasi dengan sejumlah kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah agar target yang dibidik bisa tercapai.

Koordinasi tersebut dilakukan dalam rapat kerja (raker) Pelindo III untuk mengevaluasi capaian 2019 serta  menyusun target dan rencana kerja baru di 2020 pada Senin (2/12). Turut hadir dalam raker Pelindo III sebagai pembicara adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Tentunya yang saya harapkan dari pertemuan ini untuk menyamakan persepsi antara pemerintah sebagai pembuat kebijakan dan BUMN sebagai lokomotif pembangunan sehingga dapat melangkah lebih cepat dan kerja lebih optimal," ungkap Direktur Utama Pelindo III Doso Agung dalam keterangannya, Selasa (3/12).

Doso Agung menambahkan, raker kali ini menghadirkan kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk membahas target akselerasi ekspor tiga kali lipat dapat terwujud. Adapun pada 2019 ini, kinerja Pelindo III diperkirakan berhasil melampaui target sebesar 2-5%.

"Selama ini ekspor kita terkendala dokumen, kapal, kontainer. Dengan adanya data yang disampaikan menteri pertanian, kita bisa tahu per wilayah atau kabupaten kemampuan ekspornya sehingga bisa memudahkan kita dalam upaya meningkatkan ekspor," ujar Doso Agung.

Lebih lanjut, Doso menuturkan, bahwa pada 2020 pihaknya mengharapkan investasi dan program kerja dapat terserap dan terlaksana sesuai sasaran. "Kami juga memiliki IT (information technology) yang terintegrasi di seluruh pelabuhan nantinya kami bisa joint supaya kemudahan ekspor dapat terwujud," imbuh Doso.

Selain itu, sebut Doso, pada tahun depan ada beberapa hal strategis yang harus dicapai Pelindo III, antara lain pengembangan pelabuhan baru dan kawasannya, yaitu Pelabuhan Bajo dan Santong, program Human Capital Global Standard Talent melalui integrated talent management and learning management, digitalisasi port industry 4.0, modernisasi alat fasilitas pelabuhan, sinergi dalam rangka ketahanan energi, dan pembentukan holding BUMN maritim serta Pelindo Incorporated.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menginginkan pelabuhan lebih terakses dengan baik, tidak ribet, tidak berbelit-belit sehingga kegiatan ekspor lebih nyaman untuk melakukan akselerasi peningkatan ekspor.

"Salah satu yang saya harapkan dari pertemuan ini, Pelindo harus mampu memacu energi baru agar proses-proses di pelabuhan itu aman, berdasarkan aturan tapi tidak ribet, online system juga harus dibuka agar akselerasinya bisa lebih cepat," terang dia.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik rencana Pelindo III dalam meningkatkan sinergi dengan pemerintah daerah di wilayahnya. Kehadiran Pelindo III tetap dinantikan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah sebesar 7% di tahun 2024 melalui pembangunan pelabuhan barang di Kendal dan Kudus sebagai gerbang ekonomi kreatif dan wisata.

"Saya ingin mengundang kapal cruise yang sandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang untuk overnight. Di Jawa Tengah nanti akan kami buatkan paket-paket wisata yang menarik di Jawa Tengah mulai Solo, Semarang, Yogyakarta, dan wilayah lainnya. Dengan begitu harapan kami para turis dapat belanja lebih banyak dan dapat meningkatkan pasar ekonomi melalui pariwisata," sebut Ganjar. 

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA