Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tol laut. Foto: maritimindonesia.co.id

Tol laut. Foto: maritimindonesia.co.id

Pemerintah Berupaya Tingkatkan Muatan Balik Tol Laut

Kamis, 10 Juni 2021 | 18:26 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Pemerintah terus berupaya meningkatkan muatan balik kapal Tol Laut guna mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP).

“Terobosan dan inovasi masih sangat diperlukan utamanya dalam peningkatan muatan balik,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan resmi, Kamis (10/6).

Luhut menambahkan, muatan balik akan berpengaruh dalam mendorong geliat perekonomian di daerah 3TP. Selain itu, peningkatan muatan balik juga akan memberikan efektivitas dan efisiensi pembiayaan distribusi logistik.

“Program ini harus mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan harga yang wajar, sekaligus mendistribusikan produk-produk unggulan daerah ke daerah lain,” tegas Menko Luhut.

Sementara itu secara terpisah Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menuturkan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga terus mengoptimalkan program Tol Laut yang menjadi program strategis pemerintah untuk menghilangkan disparitas harga antarwilayah di Indonesia.

Sejak 2015, jumlah trayek Tol Laut terus mengalami peningkatan, hingga saat ini memiliki 30 trayek. Jumlah trayek tersebut diiringi dengan penambahan jumlah pelabuhan dan kapal dengan melibatkan 106 pelabuhan, yang terdiri atas sembilan pelabuhan pangkal dan 97 pelabuhan singgah.

Kemenhub terus berupaya mengoptimalkan layanan Tol Laut dengan fokus meningkatkan volume muatan balik yang selama ini belum maksimal. “Kami selalu mendengarkan masukan dari berbagai stakeholders dan terus mensosialisasikan ke para kepala daerah untuk memanfaatkan Tol Laut ini untuk mengirimkan komoditas unggulan di daerahnya masing-masing. Diharapkan ke depannya muatan balik Tol Laut akan semakin optimal dan kinerja transportasi untuk mendukung kelancaran distribusi logistik semakin baik,” tutur Menhub.

Editor : Kunradus Aliandu (kunradu@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN