Menu
Sign in
@ Contact
Search
Antrian penumpang Kereta Api

Antrian penumpang Kereta Api

Pemesanan Tiket Nataru Meningkat, Ini Persyaratan Pengunaan Layanan Kereta Api

Sabtu, 12 Nov 2022 | 19:38 WIB
OBY Kurniawan (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id -Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023, PT Kereta  Api  Daops 1 Jakarta, telah membuka pemesanan tiket kereta api (KA) jarak jauh. Tercatat sejak dibuka pemesanan tiket secara online pada tanggal 7 November lalu, sudah 22 ribu calon penumpang sudah melakukan reservasi tiket untuk perjalanan pada tanggal-tanggal favorit.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk liburan Nataru tahun 2023 ini,  PT KAI sudah membuka pemesanan melalui online mulai H-45 keberangkatan.

Menurut Kepala Humas Daops 1 Jakarta, Eva Khairunnisa, perubahan ini dilakukan PT KAI agar para calon penumpang KA jarak jauh memiliki waktu yang lebih leluasa untuk merencanakan perjalanan.

Sejak dibukanya pemesanan tiket KA Nataru 2023, tercatat sudah 22 ribu calon penumpang yang memesan tiket untuk tanggal favorit, yakni mulai tanggal 22  dengan tanggal 26 Desember  2022.

Advertisement

Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, Malang, dan Surabaya masih menjadi tujuan favorite yang banyak diminati calon penumpang dari Stasiun Pasar Senen maupun Stasiun Gambir. Untuk kereta tambahan Nataru, akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Pemesanan tiket kereta api jarak jauh dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen terus mengalami peningkatan. Sesuai dengan aturan yang terbaru, pemesana tiket sudah bisa dilakukan 45 hari sebelum jadwal keberangkatan atau H-45. 

"Untuk saat ini periode pemberangkatan mulai tanggal 22 Desember sampai dengan tanggal 26 Desember tercatat sudah 22 ribu tiket yang  dipesan untuk pemberangkatan dari Stasiun Gambir dan  juga Stasiun Pasar Senen,  Jakarta Pusat" ungkap Eva Khairunnisa, Sabtu ( 12/11/2022).

Adapun periode angkutan Natarau yang ditetapkan PT KAI adalah keberangkatan tanggal 22 Desember 2022 sampai dengan tanggal 8 Januari 2023.

Di tengah masa pandemi saat ini, PT KAI mengimbau  calon penumpang untuk mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah. Bagi penumpang kereta api jarak jauh dengan usia di atas 18 tahun harus telah melakukan vaksinasi dosis ke-3. 

Sedangkan pelanggan usia 6-17 tahun wajib sudah vaksin ke-2.  Sedangkan untuk balita tidak diwajibkan vaksin lengkap dan test PCR, namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Berikut syarat lengkap perjalanan menggunakan KA Jarak Jauh sesuai SE 84 Kemenhub:

1. Usia 18 tahun ke atas:

a) Wajib vaksin ketiga (booster)

b) WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua

b) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah 

2. Usia 6-17 tahun:

a) Wajib vaksin kedua

b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin

c) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah 

3. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BTV

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com