Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Joko Widodo. Sumber: BSTV

Presiden Joko Widodo. Sumber: BSTV

Presiden Optimistis Kehadiran Bandara JB Soedirman Tumbuhkan Ekonomi Jateng

Jumat, 11 Juni 2021 | 10:11 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

PURBALINGGA, investor.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis   kehadiran Bandar Udara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Kabupaten Purbalingga akan menumbuhkan perekonomian di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Selain  berdampak bagi peningkatan mobilitas orang dan barang,  Bandara JB Soedirman juga akan menumbuhkan arus mobilitas logistik di daerah itu.

“Dan, kita melihat juga perkembangannya lebih dari 70%. Alhamdulillah. Dan, kita harapkan bandara ini akan memberikan kontribusi, menumbuhkan ekonomi tidak hanya di Kabupaten Purbalingga, tetapi juga di Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo, dan juga daerah sekitarnya, termasuk Kebumen,” kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers usai meninjau pembangunan Bandara JB Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat (11/6/2021).

Mendampingi Presiden Jokowi pada peninjauan itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.
Presiden Jokowi mengungkapkan,  meskipun proses pembangunan Bandara JB Soedirman baru mencapai 70%, namun keberadaannya telah berdampak signifikan.

“Ini bagus. Saya senang. Meskipun masih terminal darurat, belum selesai tetapi airportnya sudah dipakai. Saya kira ini akan lebih produktif seperti itu, dari pada kita menunggu terminal harus selesai kemudian baru dilakukan penerbangan,” katanya.

Kehadiran Bandara JB Soedirman membuat Jawa Tengah semakin terkoneksi dengan empat bandara komersial lainnya, seperti Bandara Ahmad Yani, Bandara Adi Sumarmo, Bandara Tunggul Wulung.

Selain Bandara JB Soedirman, akan ada satu tambahan bandara yang segera beroperasi di Jawa Tengah yakni, Ngloram Blora yang sudah diuji coba.
Bandara JB Soedirman yang resmi beroperasi secara komersial pada 3 Juni 2021, dibangun di atas lahan seluas 115 hektare oleh PT Hutama Karya (Persero) dengan nilai kontrak sebesar Rp 231 miliar.

Konstruksi Tahap I ini terdiri atas pekerjaan runway sepanjang 1.600 meter dan lebar 30 meter, taxiway, apron, serta terminal penumpang dengan kapasitas 98.812 penumpang per tahun.

Pesawat yang bisa dilayani adalah ATR 72-600 atau sejenis dengan kapasitas 78 penumpang.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN