Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Budi Karya Sumadi. Foto: IST

Budi Karya Sumadi. Foto: IST

Tiga Pelabuhan di Sulteng Segera Diperbaiki

Thresa Sandra Desfika, Senin, 12 Agustus 2019 | 00:15 WIB

JAKARTA, investor.id- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebutkan 3 pelabuhan, yakni Pelabuhan Pantoloan, Wani, dan Donggala di Sulawesi Tengah (Sulteng) segera diperbaiki. Hal ini guna mendorong pemulihan infrastruktur di sektor transportasi laut di Sulteng pasca musibah gempa bumi dan tsunami yang melanda Palu dan sekitarnya pada September 2018.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan, telah disiapkan anggaran sebesar US$ 70 juta untuk membangun dan mengembangkan ketiga pelabuhan tersebut yang berasal dari pinjaman (soft loan) Asian Development Bank (ADB) kepada PT Pelindo IV.

Dikatakan Menhub, pemerintah saat ini bekerja sama dengan ADB untuk membangun fasilitas dan infrastruktur transportasi yang ada di Sulawesi Tengah pasca bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi akhir tahun lalu.

"Kita ada dana kurang lebih US$ 70 juta atau sekitar Rp 900 miliar untuk ketiga pelabuhan ini. Paling besar pasti di Pelabuhan Pantoloan karena akan kita kembangkan suatu dermaga panjangnya lebih dari 100 meter dan juga ada recovery fungsi-fungsi alat-alat di sana. Pelabuhan Wani saya lihat kerusakannya lebih parah, jadi mungkin ada sedikit reklamasi dan juga kita memastikan pelabuhan ini berjalan dengan baik karena ini sudah tidak layak dan harus kita bongkar," kata Budi Karya dalam keterangannya, Minggu (11/8).

Menhub mengatakan, pengerjaan pembangunan 3 pelabuhan ini akan dimulai pada tahun 2020. Terkait hal itu, desain pembangunan dan pengembangan 3 pelabuhan ini akan disiapkan langsung oleh ADB. "Tahun ini baru perencanaan dan tahun depan akan mulai bangun, kira-kira butuh 3 tahun untuk membangun," ucap Menhub.

Nantinya akan ada juga penambahan fasilitas kepelabuhanan seperti crane. Hal ini, terang Budi Karya, dilakukan untuk efektivitas proses bongkar muat kontainer di Pelabuhan Pantoloan.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN