Aetra Kembangkan Ruang Kontrol Air Berbasis Teknologi i

Ilustrasi

Oleh : Eko Adityo / GOR | Kamis, 26 Juli 2018 | 22:23 WIB

JAKARTA – PT Aetra Air Jakarta mengembangkan fasilitas ruang kontrol berbasis teknologi informasi, Smart Operation With Aetra Control Room, untuk memonitoring, menganalisis, dan mengontrol operasional proses produksi dari air baku menjadi air bersih, sekaligus proses distribusinya sampai kepada pelanggan secara online.

“Perkembangan inovasi berbasis teknologi informasi yang terintergrasi dengan Smart Operation With Aetra Control Room mutlak diperlukan untuk mewujudkan Aetra Jakarta sebagai perusahaan penyedia layanan air bersih di timur Jakarta,” ungkap Presiden Direktur PT Aetra Air Jakarta Mohamad Selim dalam siaran resminya di Jakarta, Rabu (25/7).

Dia menjelaskan, bagian penting yang terintegrasi dari fasilitas Aetra Control Room adalah informasi operasional mulai dari air baku, monitoring semua parameter untuk proses produksi dan distribusi. Proses itu meliputi instalasi pengolahan air (IPA), inline booster pump di IBP Tugu, Kiwi, dan Halim, serta pompa tekan di wilayah Sumur Batu, Cilincing, Pasar Rebo, JGC dan Sunter.

Selain itu, monitoring CCTV di seluruh area kerja, aset meter pelanggan termasuk maintenance, data tekanan, debit, dan volume, serta tingkat kehilangan air (non revenue water/NRW), serta SCADA dengan menggunakan softaware Topkapi, tekanan flow air di wilayah-wilayah perbatasan seluruh kantor area bisnis sampai ke level district meter area.

“Dari parameter-parameter tersebut di atas, Aetra Control Room akan menangkap semua hasil dari sensor-sensor yang telah dipasang di lapangan maupun input dari operator dan kemudian akan memberikan sinyal peringatan apabila terjadi ketidaksesuaian dalam operasional di lapangan,” paparnya.

Menurut Selim, komitmen inovasi ini dilandasi oleh keinginan untuk memberikan data yang terintegrasi, sehingga pelayanan kepada pelanggan dapat terwujud dengan baik. Inovasi ini juga akan membuat pelayanan penanganan gangguan bisa lebih cepat dan akurat.

“Bukan hanya itu, dengan Aetra Control Room maka key performance indicator (KPI) perusahaan dapat dimonitor dan ter-update secara realtime,” ujar dia.



Selengkapnya
 
MORE STORIES