JRPP Apresiasi DKI Terapkan Aplikasi Parkir Online i

Warga berjalan di areal parkiran sepeda motor di Jakarta.

Oleh : L Gora Kunjana / GOR | Selasa, 31 Juli 2018 | 13:54 WIB

Jakarta - Direktur Eksekutif Jakarta Research and Public Policy (JRPP), Muhamad Alipudin mengapresiasi Unit Pengelola Teknis (UPT) Parkir Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta menerapkan aplikasi parkir online. Hal itu menunjukkan UPT Parkir memiliki arah yang baik ke depannya dan visioner dalam pengelolaan parkir.

"Mulai membaik karena ada adaptasi dengan teknologi. Ini transformasi yang baik karena era digital sekarang harus diadopsi. Dengan adanya aplikasi parkir ini bisa memiminimalisir kebocoran, menambah retribusi dan lainnya karena semua terindeks dan terdata dengan baik," ujar Alipudin dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Alipudin juga menilai era teknologi ini harus bisa diadapsi untuk ke semua sektor terutama parkir karena banyak yang liar, kami juga merekomendasikan agar UPT Parkit dapat bertindak sebagai regulator dan policy maker saja membuat standar pelayanan yang baik dan memberikan pengawasan kepala pelaku usaha pengelola parkir”

"Jika sudah diimplementasi dengan teknologi, parkir liar sudah tidak ada, pendapatan juga pasti naik," ujar Alipudin.

Selain meningkatkan kepatuhan masyarakat, aplikasi parkir online ini diyakini akan meningkatkan pendapatan baik dari sisi juru parkir yang bertugas, maupun sisi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menyatakan pendapatannya naik sebesar 129%.

"Hasil uji coba satu koridor pendapatan naik sebesar 129% dengan aplikasi," ujar Sandiaga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta saat peresmian aplikasi parkir online di DKI Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Selain itu, penerapan aplikasi parkir online ini akan dipadukan dengan Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta yang baru. DKI Jakarta sebelumnya telah membuat Perda mengenai kenaikan tarif parkir.

Sebagai informasi pendapatan retribusi parkir DKI Jakarta sebelumnya telah meningkat. Retribusi parkir DKI Jakarta pada tahun 2017 naik 103% dari tahun sebelumnya. Pendapatan retribusi parkir tahun 2017 sebesar Rp 107 miliar sedangkan tahun 2016 hanya Rp 52 miliar.



Selengkapnya
 
MORE STORIES