Wisman Tiongkok Dominasi Kedatangan di Bandara Bali i

Ilustrasi Turis Tiongkok

Oleh : Tri Murti / GOR | Rabu, 22 Agustus 2018 | 23:37 WIB

DENPASAR - PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat wisatawan asal Tiongkok mendominasi kedatangan penumpang mancanegara di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, yakni mencapai 23,6% dari total keseluruhan sebanyak 3,52 juta orang selama periode Januari-Juli 2018.

"Setelah Tiongkok, disusul Australia dan India masing-masing sebesar 18,8% dan 6,3%," kata General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi di Denpasar, Senin (20/8).

Tingginya jumlah wisatawan dari negeri dengan ikon panda itu di Bali seiring dengan makin banyaknya rute penerbangan langsung yang dilayani dari sejumlah kota di Tiongkok ke Bali.

Yanus menjelaskan, total perolehan wisatawan mancanegara selama tujuh bulan tahun ini melonjak dibandingkan periode sama tahun sebelumnya mencapai 7,32%. Sedangkan untuk Juli tahun ini, lanjut dia, total kedatangan wisatawan mancanegara yang dilayani mencapai 635.578 wisman, naik sebesar 13,4% dibandingkan Juli tahun 2017.

Wisatawan dari Tiongkok juga mendominasi kedatangan selama Juli 2018, yakni mencapai 150 ribu orang. Sedangkan wisatawan dari Prancis, menjadi negara dengan penumpang paling tinggi pertumbuhannya tahun ini mencapai 28.432 orang, atau melonjak 65,8% dibanding dengan periode pencatatan yang sama tahun lalu.

Jumlah wisman yang meningkat tersebut diperoleh saat bersamaan dengan proyek pengembangan bandara menjelang pelaksanaan pertemuan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia, Oktober 2018.

“Artinya meski ada proyek pengembangan bandara, namun tidak mengganggu arus kedatangan wisatawan mancanegara ke Pulau Dewata,” papar dia.

Saat ini kontraktor dari BUMN tengah mengebut pengerjaan proyek bandara di antaranya untuk pengerjaan apron timur, barat hingga terminal VVIP. Pengerjaan proyek itu untuk mengakomodasi tingginya jumlah delegasi pertemuan IMF dan Bank Dunia yang diperkirakan mencapai sekitar 15 ribu orang.



Selengkapnya
 
MORE STORIES