Jalur Ganda KA Bandar Khalipah Beroperasi i

Ilustrasi kereta api.

Oleh : Tri Murti / GOR | Senin, 17 Desember 2018 | 18:37 WIB

MEDAN - Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera bagian utara, mulai mengoperasikan jalur ganda di lintasan Stasiun Bandar Khalipah – Batang Kuis - Araskabu, Deliserdang Sumatera Utara.

"Pelaksanaan pekerjaan switch over atau pengalihan jalur tunggal ke ganda di lintasan sudah dilakukan, Minggu dinihari tadi," kata PPK Wilayah I Balai Teknik Perkeretaapian Sumatera Bagian Utara Fahrul di Medan, Minggu (16/12).

Fahrul mengakui, pelaksanaan kegiatan pengalihan jalur itu sempat membuat lintas kereta api melambat. Namun kondisi itu tidak berjalan lama dan kembali normal. Pelaksanaan tersebut dilakukan pada Minggu (16/12) mulai pukul 00.17 WIB (setelah U41F masuk Medan) sampai pukul 03.17 WIB (sebelum U2 berangkat Medan) dengan window time atau waktu kerja selama 180 menit.

“Pelaksanaan switch over dimulai dari KM 8+400 jalur existing ke new menjadi jalur belok. Di KM 8+800 membuat jalur penghubung antara wesel, Stasiun Bandar Khalifah KM 9+150 Jalur 3 Existing dijadikan spoor lurusan, Stasiun Bandar Khalifah KM 9+600 Pemotongan jalur 4 Existing menjadi lurusan. Stasiun Batang Kuis KM 15+000 Pemotongan jalur 4 Existing menjadi lurusan,” papar Fahrul yang didampingi Manager Humas PT KAI (Persero) Divre I Sumut M Ilud Siregar.

Di samping itu, kata dia, dilakukan juga pengoperasian sistim persinyalan elektrik yang baru dan pengoperasian Stasiun Bandar Khalipah baru serta Batang Kuis baru untuk meningkatkan keamanan perjalanan kereta api dan pelayanan serta kenyamanan penumpang.

Lebih jauh, seperti dikutip dari Antara, M Ilud Siregar meminta maaf kepada para penumpang yang sempat terganggu perjalanannya saat pelaksanaan pengalihan jalur. Pekerjaan switch over jalur ganda Bandar Khalipah - Batang Kuis - Araskabu berjalan lancar dan sukses.

"Dikatakan sukses karena tidak ada gangguan, selesai tepat waktu, dan perjalanan kereta api aman, lancar, dan terkendali," ujar dia. (*)



Selengkapnya
 
MORE STORIES