Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
(kiri-kanan) President Director Adira Insurance Hassan Karim, Chief Sales and Distribution Officer Zurich Syariah Auralusia Rimadiana, dan President Director Zurich Syariah Hilman Simanjuntak saat acara diskusi mengenai strategi bisnis dan prospek asuransi syariah di Indonesia, Selasa (12/10). (ist)

(kiri-kanan) President Director Adira Insurance Hassan Karim, Chief Sales and Distribution Officer Zurich Syariah Auralusia Rimadiana, dan President Director Zurich Syariah Hilman Simanjuntak saat acara diskusi mengenai strategi bisnis dan prospek asuransi syariah di Indonesia, Selasa (12/10). (ist)

Zurich Syariah Targetkan Pimpin Asuransi Syariah di 2024

Rabu, 13 Oktober 2021 | 04:51 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah) memproyeksi bisa memimpin di asuransi syariah di tahun 2024. Sejumlah inovasi yang sudah dan sedang disiapkan menjadi strategi utama perseroan mencapai posisi tersebut.

Presiden Direktur Zurich Syariah Hilman Simanjuntak menyampaikan, saat ini perusahaan telah memimpin 24% pangsa pasar asuransi kendaraan bermotor. Zurich Syariah sendiri telah bekerja sama dengan sejumlah bank syariah di Indonesia, mitra digital, ratusan biro perjalan di Indonesia, dan telah memiliki lebih dari 200 agen aktif di seluruh Indonesia.

“Guna memperkuat posisi strategis tersebut dan mencapai misi kami di 2024, Zurich Syariah telah merancang rangkaian strategi yang berorientasi pada kebutuhan nasabah. Kami memahami bahwa terdapat peningkatan pada tren gaya hidup syariah di tengah masyarakat. Maka, kami sudah menyiapkan sejumlah inovasi yang menjawab permintaan tersebut, seperti produk untuk wisata halal serta perjalanan ibadah haji dan umrah," ucap Hilman pada konferensi pers virtual, Selasa (12/10).

Dia menerangkan, misi perusahaan untuk menjadi pemimpin pasar akan direalisasikan dengan fokus pada pasar ritel dan UKM, pengembangan produk halal, serta perluasan distribusi dan kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan. Langkah strategis ini melanjutkan diterbitkannya lisensi beroperasi Zurich Syariah oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Juli 2021 lalu.

Zurich Syariah merupakan entitas hasil kerja sama Zurich Insurance Group (Zurich) dan PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) Unit Usaha Syariah, setelah diakuisisinya Adira Insurance oleh Zurich pada 2019 lalu.

Dia mengungkapkan, Adira Insurance Syariah sebelumnya telah membangun pondasi yang kuat untuk Zurich Syariah dan menempatkannya pada posisi terdepan dengan market share di industri asuransi syariah sebesar 12%. Meskipun demikian, pasar asuransi syariah masih memiliki potensi penetrasi yang besar dan menawarkan ruang yang luas untuk Zurich Syariah bertumbuh menjadi pemain yang lebih kuat.

"Kami yakin bahwa dengan pondasi yang telah dibangun oleh Adira Insurance Syariah ditambah dengan dukungan keahlian global dan pendekatan Zurich yang berorientasi pada nasabah, Zurich Syariah dapat menghadirkan nilai lebih ke dalam industri asuransi syariah di Indonesia," ujar Hilman.

Dia menuturkan bahwa bergesernya gaya hidup masyarakat ke konsep syariah memberikan peluang besar yang menjanjikan bagi pemain di industri untuk bertumbuh dalam jangka panjang. Saat ini Indonesia menempati peringkat keempat berdasarkan Global Islamic Indicator, dan market share keuangan syariah di Indonesia baru mencapai 9,89%.

Dalam industri asuransi sendiri khususnya pasar asuransi syariah, baru merambah 7% dari keseluruhan pasar asuransi di Indonesia pada tahun 2020. Sebesar dengan 86% di antaranya didominasi oleh produk asuransi jiwa.

“Potensi luar biasa ini akan terus kami optimalkan melalui produk dan layanan yang makin terdigitalisasi, simpel, dan terintegrasi yang dirancang untuk menjawab kebutuhan dari setiap nasabah. Kami akan mendorong aksesibilitas produk-produk syariah kami dengan memperluas jangkauan ke pasar ritel dan UKM, serta memaksimalkan kanal digital dan kekuatan jaringan agen Zurich Syariah," jelas Hilman.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN