Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Produk asuransi syariah kian diminati masyarakat

Produk asuransi syariah kian diminati masyarakat

Asuransi Syariah, Solusi Keuangan dengan Segala Kelebihannya

Kamis, 14 Oktober 2021 | 14:09 WIB
Windarto

Jakarta, Invetor.id - Minat masyarakat untuk memiliki atau menggunakan produk asuransi syariah semakin besar. Hal ini bisa dilihat dari pertumbuhan pendapatan kontribusi yang terus meningkat. Bahkan, berdasarkan laporan Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia, hingga Q2/2021, asuransi syariah bertumbuh 51,89% year on year.

Potensi besar dan pertumbuhan yang melebihi asuransi konvensional tersebut sebenarnya bisa lebih didorong lagi manakala literasi masyarakat terhadap asuransi syariah kian meningkat. Literasi penting karena masih banyak masyarakat yang beranggapan asuransi syariah tidak berbeda dengan asuransi konvensional. Padahal ada prinsip-prinsip sebagai pembeda yang perlu dipahami sehingga dapat menjadi informasi dalam mengambil keputusan memilih produk syariah.

Yoga Prasetyo, Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia menyebut dua poin sederhana untuk membedakan asuransi syariah dan konvensional yakni desain produk dan pengelolaan dana. Pertama, kontrak polis asuransi syariah adalah gotong royong. Antara para peserta asuransi syariah secara bersama bersepakat untuk memberikan iuran yang akan digunakan secara bersama-sama untuk menyantuni siapa pun anggota yang terkena risiko sesuai dengan yang diperjanjikan. Kedua, dalam asuransi syariah, pihak perusahaan asuransi tidak pernah memiliki dana iuran yang disetorkan oleh peserta. Dana tetap dimiliki oleh peserta dan perusahaan asuransi hanya sebagai pengelola.

Ada beberapa keunggulan asuransi syariah dalam pengelolaan dana, di antaranya dana nasabah dikelola dengan menggunakan prinsip syariah. Dengan kata lain, dana tersebut diinvestasikan pada instrumen investasi yang diperbolehkan sesuai dengan ketentuan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Dalam asuransi syariah, dana dibagi menjadi dua, yakni dana perusahaan dan dana peserta (dana tabarru) sehingga lebih jelas alokasi penggunaan dana tersebut.

Dana tabarru dipakai untuk menutup risiko klaim yang terjadi pada peserta. Dana tabarru tidak akan hangus bila dalam periode tertentu tidak terjadi klaim, namun akan diakumulasikan dengan dana tabarru pada periode sebelumnya sehingga membuat dana ini semakin besar. Dalam pengelolaan dana tabarru, terdapat istilah surplus (defisit) underwriting, yakni selisih antara kontribusi yang dikumpulkan peserta dengan klaim yang dibayarkan dalam suatu periode.

Jika terdapat surplus uderwriting atau jumlah kontribusi lebih besar dibandingkan nilai klaim, surplus underwriting tersebut dapat dibagikan ke peserta, dipakai untuk cadangan dana tabarru, juga dibagi ke perusahaan, sesuai dengan kesepakatan dalam polis. Namun jika defisit, tidak perlu khawatir karena bisa menggunakan cadangan dana tabarru, atau qardh (dana talangan) dari perusahaan.

Ada banyak produk asuransi syariah yang ditawarkan, salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah AlliSya Protection Plus dari Asuransi Allianz Life Indonesia. AlliSya Protection Plus merupakan asuransi jiwa unit link syariah yang akan memberikan perlindungan maksimal plus potensi nilai investasi. Kelebihan lain dari produk ini sudah dibekali dengan fitur wakaf, yang memungkinkan peserta dapat berbuat kebaikan agar memperoleh pahala yang terus mengalir.

Allianz Life pun menyediakan asuransi kesehatan tambahan, Hospital & Surgical Care Premier Syariah Plus. Asuransi ini memberikan beragam manfaat dan layanan, plus dirancang untuk memenuhi kebutuhan perlindungan kesehatan dengan wilayah perlindungan sampai ke seluruh dunia. Ada pula Allisya AMAN, produk Asuransi Jiwa Tradisional Syariah yang memberikan solusi perlindungan meninggal dunia sampai dengan 500% santunan asuransi dan penyakit kritis guna memastikan keamanan kondisi finansial di masa depan.

Editor : Maswin (maswin@investor.co.id )

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN