Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Asuransi

Ilustrasi Asuransi

Insurtech Tuai Berkah Selama  Mudik Lebaran

Kamis, 12 Mei 2022 | 22:04 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Sejumlah penyelenggara insurance technology (insurtech) menuai berkah dari mobilitas masyarakat pada periode mudik Lebaran 2022. Penjualan sejumlah produk asuransi dalam periode tersebut tumbuh signifikan.

Co-Founder & Chief Operating Officer (COO) Fuse, Ivan Sunandar mengatakan, mobilitas selama mudik Lebaran ikut memengaruhi dan mendongkrak penjualan produk asuransi. Selain asuransi kendaraan, produk asuransi yang mengalami peningkatan penjualan adalah asuransi kecelakaan diri, asuransi perjalanan, dan asuransi properti.

"Fuse mencatat permintaan yang cukup signifikan untuk produk asuransi menjelang dan setelah Lebaran mendorong penjualan produk asuransi, terutama asuransi kendaraan bermotor dan kecelakaan diri," kata Ivan kepada Investor Daily di Jakarta, Rabu (11/5).

Dia menjelaskan, asuransi perjalanan dipakai oleh pemudik yang menggunakan pesawat terbang. Sedangkan asuransi properti berguna untuk melindungi aset properti (rumah) yang ditinggal ketika mudik, agar pemiliknya merasa tenang. Fuse menyediakan beragam pilihan premi dan manfaat tanggungan yang sesuai kebutuhan pemudik.

"Asuransi merupakan bentuk mitigasi masalah dan risiko finansial yang mungkin terjadi saat bepergian, agar terhindar dari pengeluaran tidak terduga di masa depan. Dengan memiliki asuransi, nasabah akan mendapatkan perlindungan karena ketika terjadi masalah, biaya akan ditanggung oleh pihak asuransi," jelas Ivan.

Sejak didirikan pada 2017, Fuse sebagai penyelenggara insurtech memiliki 500 lebih pegawai dengan 30 kantor cabang di Indonesia, Vietnam, dan Tiongkok. Fuse terus mendukung perusahaan asuransi lokal dan mitra distribusi untuk melayani konsumennya secara lebih baik, dengan merevolusi kanal distribusi asuransi guna meningkatkan efisiensi dan pengalaman konsumen akhir.

Strategi Promo 

Dihubungi terpisah, Co-Founder Lifepal (Lifepal.co.id), Benny Fajarai menyampaikan, menawarkan promo dengan harga yang kompetitif untuk asuransi mobil merupakan strategi perusahaan menjelang periode mudik dan balik Lebaran lalu. Hal ini merupakan bagian dari komitmen untuk terus menghadirkan produk serta layanan yang relevan dan harga terbaik bagi masyarakat.

"Permintaan untuk asuransi mobil juga semakin meningkat karena masyarakat semakin sadar terhadap risiko-risiko yang dapat terjadi di perjalanan saat mudik Lebaran. Kami tentunya berharap inovasi dan penawaran terbaik dihadirkan oleh Lifepal.co.id untuk membantu masyarakat Indonesia berkendara secara aman dan nyaman saat mudik ke kampung halaman," papar dia.

Benny menuturkan, statistik dan kajian dari internal menunjukkan bahwa angka asuransi kendaraan naik menjelang Lebaran. Hal tersebut seiring meningkatnya permintaan serta pencarian masyarakat, salah satunya melalui kanal Google.

"Lifepal.co.id mencatat adanya kenaikan signifikan untuk permintaan terhadap asuransi kendaraan bermotor serta kecelakaan diri menjelang periode mudik, dengan kenaikan sekitar 30%," ucap dia.

Benny mengimbau masyarakat yang berencana melakukan perjalanan jarak menengah maupun jauh, baik di dalam maupun luar negeri, untuk melengkapi perencanaannya dengan asuransi, baik asuransi perjalanan, kesehatan, jiwa, maupun lainnya.

Menurut dia, semakin meningkatnya durasi dan frekuensi perjalanan turut berpengaruh terhadap kian meningkatnya risiko dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. "Karena itu, akan lebih baik jika masyarakat menyisihkan sebagian uangnya untuk memperoleh asuransi, daripada harus mengeluarkan uang yang jauh lebih besar untuk risiko-risiko dari kecelakaan.

“Dengan memiliki asuransi, kita akan mendapatkan peace of mind dan ketenangan ekstra karena diri sendiri beserta keluarga telah memiliki perlindungan finansial," tandas Benny.

Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), saluran penjualan produk asuransi melalui aplikasi internet seperti insurtech masih relatif kecil, yakni baru 1,2% dibandingkan kanal lainnya pada akhir 2021. Namun secara nilai, kanal tersebut tumbuh pesat hingga lebih dari 16 kali lipat, dari hanya Rp 50 miliar pada 2020 menjadi Rp 895 miliar pada 2021.

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN