Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
11 Anggota BPA AJB Bumiputera 1912 bersama dengan Direktur Pengawasan Khusus IKNB I (OJK) I Wayan Wijana (kedua dari kiri), Deputi Komisioner Pengawas IKNB II OJK Moch Ichsanuddin (keenam dari kiri), dan Kepala Departemen Pengawasan Khusus OJK Moch Muchlasin (keempat dari kanan) di Kantor OJK, Jakarta, Kamis (9/6/2022)
Sumber: Istimewa

11 Anggota BPA AJB Bumiputera 1912 bersama dengan Direktur Pengawasan Khusus IKNB I (OJK) I Wayan Wijana (kedua dari kiri), Deputi Komisioner Pengawas IKNB II OJK Moch Ichsanuddin (keenam dari kiri), dan Kepala Departemen Pengawasan Khusus OJK Moch Muchlasin (keempat dari kanan) di Kantor OJK, Jakarta, Kamis (9/6/2022) Sumber: Istimewa

Pekan Depan, BPA Pilih Dewan Direksi Baru Bumiputera

Senin, 13 Juni 2022 | 16:00 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Pekan depan, Badan Badan Perwakilan Anggota (BPA) Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 akan memilih dan menetapkan dewan direksi baru perusahaan. Kehadiran dewan direksi menjadi penting untuk kembali menggulirkan roda organisasi, sekaligus merumuskan Rencana Penyehatan Keuangan (RPK).

Juru Bicara BPA RM Bagus Irawan menyampaikan, pemilihan dan penetapan dewan direksi baru Bumiputera akan diselenggarakan melalui Sidang Luar Biasa (SLB) pada 21 dan 22 Juni 2022. Karena seperti yang diketahui, saat ini perusahaan hanya memiliki satu direksi yaitu Dena Chaerudin sebagai Direktur SDM dan Umum.

Dia bilang, dewan direksi baru nantinya diharapkan dapat memegang kendali operasional perusahaan AJB Bumiputera 1912. Selain itu juga dapat menyelesaikan semua permasalahan yang ada di perusahaan secara bertahap namun pasti dan terukur.

Baca juga: BPA Terpilih Sepakat Selamatkan AJB Bumiputera 1912 

"Melihat hasil sidang tahunan BPA kemarin, ada optimisme kembali dan diharapkan akan bisa mempercepat jalannya putaran roda organisasi perusahaan sekaligus upaya penyehatan AJB Bumiputera 1912, yang secara langsung berdampak pada pencairan klaim pemegang polis nantinya," beber Bagus Irawan kepada Investor Daily, Minggu (12/6/2022).

Dihubungi terpisah, Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia sekaligus Pemegang Polis Bumiputera Piter Abdullah bersyukur kini BPA mulai efektif menjalankan tugasnya. Namun memang sudah seharusnya BPA segera memilih dewan direksi bahkan dewan komisari baru, yang lebih baik dan layak agar mampu bekerja lebih baik.

"Setelah manajemen baru terbentuk, harus segera melakukan rapat anggota luar biasa sebagaimana diatur dalam AD Bumiputera yang akan membahas masa depan Bumiputera, dan juga memutuskan terkait kondisi keuangannya Bumiputera. Termasuk perlakuan atas kerugian yang sejauh ini dialami oleh Bumiputera dan pembayaran klaim-klaim polis yang selama ini tidak terbayarkan," ungkap Piter.

Menurut dia, keputusan-keputusan ini pun hendaknya diambil di dalam forum Rapat Luar Biasa yang melibatkan dan menimbang kondisi para pemegang polis. Meski telah diwakili oleh BPA, pemegang polis juga memiliki peran sebagai pemilik Bumiputera.

Baca juga: OJK Serius Menimbang Opsi PKPU Bumiputera

Lebih dari itu, Piter mengingatkan, BPA sepatutnya tidak terlalu memberikan harapan bahwa semua klaim bisa terbayarkan. BPA bisa secara terbuka menyampaikan kondisi keuangan sesungguhnya seperti pendapatan premi, klaim, biaya operasional, dan lainnya.Dengan begitu, kondisi sebenarnya dari Bumiputera dapat tergambar jelas. "Memberikan harapan memang menyenangkan tetapi bisa memunculkan persoalan baru ketika tidak bisa dipenuhi," tegas Piter.

Di samping itu, Sidang Tahunan BPA Bumiputera berhasil digelar pada pada 9-10 Juni 2022, di Lantai 22, Wisma Bumiputera, Jakarta. Sidang tersebut membuahkan sepuluh poin penting agar operasional perusahaan berjalan normal. Apalagi tuntutan kondisi saat ini, BPA diharapkan bisa melakukan akselerasi guna mengambil langkah-langkah yang komprehensif dalam upaya penyelamatan Bumiputera.

Sepuluh keputusan yang dimaksud diantaranya, pertama, BPA menerima Laporan Pertanggungjawaban Manajemen Bumiputera dan Laporan Keuangan Tahun Buku 2020, dengan catatan beberapa revisi. Kedua, memutuskan menyetujui Laporan Keuangan Konsolidasi untuk tahun 2020 yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) Kanaka Puradiredja, Suhartono dan Rekan.

Ketiga, BPA memutuskan belum menerima usulan Dewan Komisaris tentang penunjukan Kantor Akuntan Publik untuk mengaudit laporan keuangan perusahaan tahun buku 2021. Alasannya terkait dengan efisiensi keuangan perusahaan. Keempat, memutuskan menyetujui restrukturisasi organisasi agar lebih efektif dan efisien.

Baca juga: OJK Tolak Permohonan Persetujuan PKPU Bumiputera, Ini Alasannya

Poin kelima, BPA menyetujui Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) Bumiputera dengan catatan beberapa revisi. Keenam, BPA pun memutuskan bahwa rumusan Rencana Penyehatan Keuangan atau RPK Bumiputera akan diserahkan kepada manajemen baru yang akan ditetapkan pada sidang BPA yang akan datang.

Ketujuh, para Anggota BPA memutuskan tidak menerima laporan pertanggungjawaban Dewan Komisaris. Kemudian meminta Dewan Komisaris untuk menyampaikan kembali laporan pengawasan dan pemberian nasehat terhadap kinerja perusahaan. Kedelapan, memutuskan memberikan surat peringatan kepada Dewan Komisaris.

Selanjutnya poin kesembilan adalah BPA memutuskan bakal melakukan kajian akademis terhadap anggaran dasar Bumiputera. Poin terakhir atau kesepuluh yakni memutuskan menyetujui penggunaan premi lanjutan dipergunakan untuk pembayaran klaim emergency.

Bagus menambahkan bahwa sidang tahunan yang dihadiri lengkap oleh 11 Anggota BPA mewakili 11 daerah pemilihan telah berjalan lancar dengan mengedepankan prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat. Sidang dipimpin Ketua BPA Muhammad Idaham dan dihadiri Direksi Bumiputera Dena Chaerudin beserta jajarannya.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN