Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Karyawan melintas dari ruangan bancassurance di Jakarta. Foto ilustrasi:  Beritasatu Photo/Uthan AR

Karyawan melintas dari ruangan bancassurance di Jakarta. Foto ilustrasi: Beritasatu Photo/Uthan AR

Bisnis Bancassurance Syariah Kian Prospektif

Jumat, 29 Juli 2022 | 12:08 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk dan Sun Life Indonesia optimistis bisnis penawaran produk asuransi melalui perbankan (bancassurance), khususnya di industri keuangan syariah semakin prospektif.

Hal ini ditegaskan oleh Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K. Permana saat menerima kunjungan President & CEO of Sun Life Kevin Strain di Muamalat Tower, Jakarta, belum lama ini. Permana mengatakan, Bank Muamalat dan Sun Life Indonesia sudah menjalin kerja sama sejak tahun 2019. Sejak itu, pertumbuhan penjualan terus meningkat.

Oleh karena itu, Permana optimistis, bisnis bancassurance dapat terus berkembang, khususnya produk asuransi yang dapat mendukung target pasar Bank Muamalat di segmen islami. Seiring dengan masuknya Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sebagai pemegang saham mayoritas, Bank Mualamat ingin memaksimalkan potensi bisnis di islamic segment, khususnya di sektor haji dan umrah.  

“Dukungan Sun Life Indonesia selama ini dalam penyediaan dan pemasaran produk-produk asuransi dapat memenuhi kebutuhan nasabah Bank Muamalat sangat berarti,” kata Permana dalam keterangan resmi, Kamis malam (28/7/2022).  

Tahun 2019, dia menyatakan, Sun Life Indonesia dan Bank Muamalat mengumumkan kemitraan strategis dalam menghadirkan layanan kerja sama bancassurance yang memberikan solusi perencanaan keuangan berbasis syariah.  Selanjutnya, kedua pihak meluncurkan produk unit link yang dilengkapi dengan fitur wakaf guna menjawab kebutuhan nasabah akan proteksi, sekaligus memudahkan mereka dalam berwakaf.

Saat ini Bank Muamalat dan Sun Life Indonesia memasarkan produk yang berkaitan dengan haji, di mana salah satu manfaat dari produk tersebut adalah untuk pelunasan ibadah haji. Sebagai informasi, kinerja bancassurance di Bank Muamalat secara umum meningkat cukup signifikan. Pada akhir 2021, pertumbuhannya mencapai 162% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Elin Waty, presiden direktur Sun Life Indonesia mengatakan, kolaborasi ini merupakan bentuk komitmen dan dukungan Sun Life Indonesia dalam menyediakan produk berbasis syariah di Indonesia. Khusus untuk nasabah Bank Muamalat, Sun Life Indonesia menghadirkan solusi berasuransi yang memenuhi prinsip syariah, yang dapat membantu mereka melengkapi persiapan perjalanan ibadah Haji, yaitu asuransi Salam Hijrah Amanah.

Produk ini, kata dia, dirancang agar keluarga Indonesia tenang dalam menjalankan ibadah haji dan pastinya juga mendapatkan perlindungan yang penuh berkah. Pihaknya menyadari pertumbuhan pasar syariah di Indonesia terus berkembang dengan pesat. Alhasil, ke depan, Sun Life Indonesia akan terus berinovasi menghadirkan produk-produk asuransi berbasis syariah untuk keluarga Indonesia yang menginginkan opsi perlindungan berbasis syariah.

“Kami optimis, kerja sama yang positif ini dapat membantu keluarga Indonesia untuk hidup lebih tenteram, aman, dan sakinah, serta sesuai dengan prinsip syariah,” tutup Elin.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN