Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi

Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi

Optimalkan Beragam Kanal Distribusi Tertanggung Astra Life Capai 3,72 Juta Jiwa

Jumat, 29 Juli 2022 | 15:40 WIB
Windarto (redaksi@investor.id)

Jakarta, Investor.id – PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) mencatat pertumbuhan positif selama semester I tahun ini. Selain pertumbuhan bisnis, dari aspek jumlah tertanggung pun mengalami kenaikan hingga 13% dibandingkan periode sama tahun lalu (year on year/yoy). Kenaikan jumlah tertanggung ini sejalan dengan tren di industri asuransi jiwa, seperti dilaporkan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dalam paparan kinerja industri beberapa waktu lalu.

Presiden Direkturt Astra Life Windawati Tjahjadi menjelaskan, dampak dari konsistensi dalam pengembangan beragam kanal distribusi, pada semester I 2022 Astra Life telah membukukan pertumbuhan total tertanggung sebesar 13% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya dengan peningkatan total tertanggung dari 3,3 juta menjadi 3,72 juta jiwa. “Proyeksi kondisi ekonomi Indonesia yang lebih resilien dibandingkan tahun sebelumnya mendorong daya beli masyarakat untuk memiliki produk perlindungan jiwa maupun kesehatan.” imbuhnya.

Pertumbuhan positif Astra Life pada semester I tahun ini juga ditunjukkan oleh beberapa indikator kunci lainnya seperti nilai Gross Written Premium/GWP yang tetap menunjukkan pertumbuhan positif sebesar 3% di tengah kondisi makro ekonomi yang masih cenderung fluktuatif. Total aset pun turut bertumbuh dari Rp6,6 triliun menjadi Rp7,4 triliun (+11%) jika dibandingkan semester yang sama di tahun sebelumnya. Astra Life juga telah memenuhi kewajibannya kepada nasabah melalui pembayaran klaim sebesar Rp314 milyar dan tetap mampu mempertahankan tingkat solvabilitas atau Risk Based Capital (RBC) di angka 306%, jauh di atas ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yaitu 120%.

Semester I 2022 juga menjadi momentum untuk Astra Life meluncurkan berbagai produk, seperti AVA iLife Protection yang merupakan asuransi jiwa murni dengan fleksibilitas uang pertanggungan hingga Rp 5 miliar. Untuk perlindungan finansial terhadap nasabah pinjaman atau kredit multiguna dari risiko tutup usia, Astra Life meluncurkan AVA CreditPlus Protection bagi debitur di PermataBank melalui PermataHome Ready Cash. Sementara untuk produk asuransi kesehatan, Astra Life menghadirkan Flexi Hospital & Surgical dengan fitur serba digital, cashless, dan nilai premi terjangkau serta manfaat layanan kamar dan akomodasi rumah sakit hingga Rp2 juta per hari. Tidak hanya itu, Astra Life melalui unit bisnis Syariah juga bekerjasama dengan PermataBank untuk meluncurkan produk perlindungan yang dikelola sesuai prinsip-prinsip Syariah, seperti AVA iFamily Protection Syariah untuk perlindungan jiwa, dan AVA iGriya Proteksi Syariah untuk asuransi jiwa pembiayaan kumpulan Syariah.

Astra Life juga terus menggiatkan kemitraan melalui kerjasama dengan sejumlah mitra berbasis teknologi layanan digital seperti Moxa melalui peluncuran Asuransi Mikro ASLI Proteksi AmanKu yang merupakan produk asuransi mikro individu dengan perlindungan kecelakaan dan harga yang terjangkau. Selain itu, kolaborasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan Astra Pay melalui fitur pembayaran premi secara digital serta perlindungan senilai Rp10 juta bagi pengguna Astra Pay yang melakukan upgrade akun.

Astra Life juga berupaya untuk terus fokus dalam mengoptimalkan kanal digital agar masyarakat dapat semakin mudah mengakses produk dan layanan yang ditawarkan sehingga semakin banyak lagi masyarakat yang terproteksi dengan produk asuransi jiwa. Optimalisasi kanal digital ini diwujudkan melalui e-commerce ilovelife.co.id dimana pembelian produk asuransi bisa semudah berbelanja online. Hal ini sesuai dengan visi Astra Life untuk hadir di setiap rumah masyarakat Indonesia sekaligus kampanye pada tahun ini yaitu #InsuranceisLove yang membawa pesan bahwa asuransi adalah wujud ungkapan cinta bagi diri sendiri maupun keluarga.

“Memasuki paruh kedua tahun 2022, kami berupaya untuk meneruskan pencapaian positif serta terus konsisten dalam menggiatkan kemitraan melalui berbagai kolaborasi digital untuk dapat semakin memperluas jangkauan distribusi. Hal ini sejalan dengan komitmen Astra Life untuk menjadi Life Insurer of The Future.” tutup Windawati.

Editor : Maswin (maswin@investor.co.id )

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN