Menu
Sign in
@ Contact
Search
Digital Marketer Denny Santoso dalam ajang Top Agent Awards 2022 yang digelar Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) di Nusa Dua, Bali, Kamis(11/8/2022). Majalah Investor/Fajar Widhiyanto

Digital Marketer Denny Santoso dalam ajang Top Agent Awards 2022 yang digelar Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) di Nusa Dua, Bali, Kamis(11/8/2022). Majalah Investor/Fajar Widhiyanto

Menebar Jala Premi  Lewat Media Sosial

Kamis, 11 Agustus 2022 | 19:08 WIB
Fajar Widhiyanto (redaksi@investor.id)

NUSA DUA, Investor.id - Tingginya tingkat kecenderungan penggunaan gadget sebagai sarana transaksi dan sumber informasi oleh masyarakat semakin meningkat pascamerebaknya Pandemi Covid-19. Pandemi seperti telah menyuburkan kultur baru penyebaran informasi yang sangat efektif lewat media sosial, yang dikelola lewat sejumlah aplikasi pda telepon selular.

Kecenderungan ini menjadi peluang penyebaran informasi yang efektif, sekaligus menjadi kanal pemasaran produk dan jasa oleh publik. Tentunya termasuk pula menjadi peluang bagi para agen asuransi jiwa untuk menjadikan media sosial sebagai salah satu kanal publikasi sekaligus pemasaran produk asuransi yang mereka tawarkan.

Disampaikan Digital Marketer Denny Santoso dalam ajang Top Agent Awards 2022 yang digelar Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) di Nusa Dua, Bali, Kamis(11/8/2022), media sosial saat ini telah dianggap sebagai sarana pemasaran yang efektif.

“Termasuk buat para agen asuransi untuk menawarkan produk pertanggungan risiko pada calon nasabah, dan publik secara umum,” ujar Denny.

Untuk itu Denny menganjurkan agar para agen segera memanfaatkan media sosial yang mereka gunakan, sebagai sarana pemasaran. “Gunakan salah satu dari sekian banyak media sosial yang paling nyaman Anda gunakan, manfaatkan sebagai sarana Anda menawarkan solusi pertanggungan risiko kepada masyarakat,” ujarnya.

Menurut mentor di sejumlah program inkubasi Startup ini, jauh lebih baik lagi jika para agen mampu dan mau memanfaatkan seluruh media sosial yang ada, dari Instagram, Facebook, Youtube, bahkan Tiktok. “Karena kita ini bukan memancing, tapi menebar jala,” ujarnya. Baginya, kemunculan figur para agen di banyak media sosial akan meningkatkan kredibilitas sang agen di masyarakat dan calon nasabah. Tingkat kepercayaan masyarakat, kata Denny akan meningkat begitu melihat sang agen di banyak media sosial secara konsisten.

Ia pun menyarankan agar tidak membuat akun pribadi dan bisnis secara terpisah. “Dengan satu akun yang sama untuk kepentingan bisnis dan sosial atau pribadi, akan menunjukkan sisi profesionalitas si agen, termasuk menjadi sarana branding,” ujarnya.

Berikutnya Denny memberikan tips agar audience tak hanya sekadar 'mampir' di media sosial milik agen, dengan memaparkan solusi yang bisa diberikan kepada nasabah. “Saya biasa menawarkan framework untuk dijadikan solusi kebutuhan mereka, setelah itu ajak mereka mengisi data dan nomor yang dihubungi lewat link bio yang sudah kita siapkan. Semakin mudah kita diakses, akan semakin terbangun trust calon nasabah, seperti dengan cara menyiapkan nomor telepon yang bisa mereka hubungi,” paparnya.

Tips berikutnya adalah dengan cara menyediakan konsultasi gratis secara webinar, sehingga publik bisa tertarik untuk berhubungan, dan selanjutnya para agen bisa melakukan pendekatan secara langsung untuk menawarkan solusi pertanggungan. “Tawarkan solusi, bukan produk,” tandas Denny.

Dalam kesempatan yang sama, motivator Haryanto Kandani mendorong para agen untuk mampu beradaptasi dengan kultur baru, serta mengubah mindset lama mereka dengan cara-cara baru dalam menawarkan solusi bagi nasabah. “Setelah mindset, agen juga tak cuma butuh semangat, tapi dibutuhkan strategi, diikuti oleh produktivitas yang tinggi. Yang tak kalah penting setelah pencapaian produktivitas, adalah memaintain hasil yang sudah kita peroleh, ini bukan perkara mudah karena dibutuhkan ketekunan dalam menjaga komunikasi,” kata Haryanto. Ia pun menyarankan para agen untuk terus mengasah skill dalam menawarkan produk-produk asuransi.

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com