Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hexana Tri Sasongko. Foto: IST

Hexana Tri Sasongko. Foto: IST

Angger Jadi Dirut Jiwasraya, Hexana Jabat Wadirut IFG

Selasa, 8 Juni 2021 | 18:33 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menunjuk Hexana Tri Sasongko  untuk menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau Indonesia Financial Group (IFG). Sementara itu, kursi Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dipercayakan pada Angger P Yuwono.

Penunjukkan Hexana tertuang dalam Salinan Keputusan(SK) Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-186/MBU/06/2021 tentang Perubahan Nomenklatur Jabatan, Pengalihan Tugas dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia. Selain itu, SK tersebut juga merubah nomenklatur pada jabatan Direktur Keuangan dan Umum menjadi Direktur Keuangan, Manajemen Risiko dan Umum.

Dengan demikian, susunan jajaran Direksi IFG terdiri dari Direktur Utama Robertus Bilitea, Wakil Direktur Utama Hexana Tri Sasongko, Direktur Keuangan, Manajemen Risiko dan Umum Rizal Ariansyah, dan Direktur Bisnis Pantro Pander Silitonga.

Manajemen IFG berharap adanya perubahan nomenklatur dan kehadiran Hexana Tri Sasongko dalam susunan Direksi dapat bersinergi dengan Dewan Komisaris, Direksi dan seluruh insan IFG holding maupun anggota holding. Terutama dalam rangka mencapai visi dan misi IFG sebagai salah satu pilar penggerak industri finansial di Indonesia.

"Dengan pengalaman yang panjang di industri keuangan, termasuk asuransi, serta kompetensi yang beliau miliki, kehadiran Hexana di jajaran direksi akan membawa dampak positif di Perusahaan. Dengan semakin kuatnya jajaran Direksi saat ini, kami meyakini IFG dapat mewujudkan cita-cita kami untuk membangun industri keuangan non-bank yang kuat dengan tata kelola yang baik dan prudent," ujar Plh. Sekretaris Perusahaan IFG Rimhalsyah Buchari pada Senin (7/6).

Di sisi lain pengangkatan Angger P Yuwono menjadi Direktur Utama Jiwasraya menggantikan Hexana Tri Sasongko termaktub dalam hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Jumat (4/6).

Sekretaris Perusahaan Jiwasraya Kompyang Wibisana mengungkapkan, perubahan dan peralihan direksi Jiwasraya itu merupakan bagian dari komitmen pemerintah demi menjamin keberlangsungan Program Restrukturisasi Polis Jiwasraya. Dengan adanya perubahan susunan direksi baru tersebut, manajemen baru pun optimistis program restrukturisasi Jiwasraya yang telah memasuki fase akhir atau persiapan migrasi polis ini dapat terlaksana sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

"Keputusan perubahan susunan direksi ini juga merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah bersama manajemen baru Jiwasraya untuk menyelamatkan manfaat polis yang dimiliki peserta asuransi Jiwasraya," ungkap Kompyang melalui siaran pers, Selasa (8/6).

Angger merupakan profesional yang memiliki latar belakang aktuaris. Dia pernah berkiprah sebagai Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) pada 2014-2019, Managing Partner & Actuary di PT Pointera Aktuaria Strategis pada 2004-2019, Direktur & Aktuaris di PT AIA Indonesia (AIG Group) pada 1999-2001, Direktur & Aktuaris Cigna Life Indonesia pada 1990-1999, dan pernah menjadi pengajar di sejumlah perguruan tinggi.

Selain Angger, pemerintah juga telah menunjuk Ryan Diastana Firman sebagai Direktur Keuangan, Investasi dan Manajemen Risiko Jiwasraya yang baru, menggantikan posisi Farid Azhar Nasution. Sebelumnya, Ryan Diastana Firman diketahui menduduki jabatan sebagai Direktur Eksekutif Co-Head of Advisory di PT Mandiri Sekuritas.

"Dengan pengalaman dan pengetahuan yang mumpuni, kami meyakini bergabungnya Pak Ryan di jajaran Direksi baru Jiwasraya akan memperkuat konsolidasi, sekaligus menambah persistensi Tim Percepatan Restrukturisasi Jiwasraya dalam menjalankan penugasan dari pemerintah," imbuh Kompyang.

Adapun susunan terbaru Direksi Jiwasraya meliputi, Direktur Utama dijabat Angger P Yuwono. Kemudian, Direktur Keuangan, Investasi, dan Manajemen Risiko Ryan Diastana Firman, Direktur Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia R. Mahelan Prabantarikso, Direktur Pemasaran Korporasi dan Bancassurance Indra Widjaja, serta Direktur Pemasaran Ritel Fabiola N Sondakh.

Capaian Restrukturisasi Polis
Sementara itu, Tim Percepatan Program Restrukturisasi Polis Jiwasraya juga memaparkan pencapaiannya sampai 31 Mei 2021. Dari seluruh pemegang polis yang selama ini dapat dihubungi dan menerima penawaran restrukturisasi, pemegang polis Korporasi yang telah mengikuti program restrukturisasi mencapai 98% atau 2.088 polis dari 2.127 polis.

Adapun untuk pemegang polis bancassurance mencapai 96% atau 16.748 dari 17.459 polis. Sementara untuk pemegang polis ritel, jumlahnya telah mencapai 94% atau 156.075 polis dari 166.710 polis. "Perubahan dan peralihan jabatan ini sejatinya akan menjadi dukungan atas keberlangsungan peralihan polis yang akan berjalan sesuai jadwal dengan ketentuan yang berlaku," demikian kata Koordinator Juru Bicara Tim Percepatan Restrukturisasi Jiwasraya Mahelan.

 

Editor : Hari Gunarto (hari_gunarto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN