Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Zooming with Primus - Bisnis Asuransi Saat Pandemi, BeritaSatuTV, Kamis (15/10/2020). Sumber: BSTV

Zooming with Primus - Bisnis Asuransi Saat Pandemi, BeritaSatuTV, Kamis (15/10/2020). Sumber: BSTV

Asuransi Cover Covid-19

Jumat, 16 Oktober 2020 | 07:42 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Industri asuransi, khususnya asuransi jiwa, sepakat untuk memproteksi nasabah yang terinfeksi Covid-19. Langkah itu ditempuh sebagai upaya industri asuransi nasional menunjukkan fungsi, kontribusi, dan empatinya kepada masyarakat dalam menghadapi pandemi, sekaligus sebagai bukti bahwa bisnis asuransi tetap eksis dan terus menggeliat.

Hal itu diungkapkan Chief Distribution Officer PT Zurich Topas Life Budi Darmawan, Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia (DAI) sekaligus Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) HSM Widodo, dan Chief Technical Officer PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) Rismauli Silaban dalam acara Zooming with Primus bertajuk Bisnis Asuransi Saat Pandemi di Beritasatu TV, Kamis (15/10).

Diskusi mingguan yang ditayangkan secara live itu dipandu Direktur Pemberitaan Berita Satu Media Holdings (BSMH), Primus Dorimulu.

Chief Distribution Officer PT Zurich Topas Life
Chief Distribution Officer PT Zurich Topas Life

Menurut Chief Distribution Officer Zurich Topas Life, Budi Darmawan, ikut memproteksi penyakit Covid-19 merupakan keputusan terbaik yang diambil para pelaku bisnis asuransi. Keputusan itu secara serentak disepakati, meskipun terdapat opsi bahwa industri asuransi bisa saja tidak mengikutsertakan manfaat tersebut karena pemerintah telah menanggung seluruh biaya.

Klaim Covid-19 ke asuransi
Klaim Covid-19 ke asuransi

“Kami sangat bangga turut meng-cover Covid-19. Kami telah membayarkan miliaran rupiah untuk pasien Covid-19 di seluruh Indonesia. Kami juga berupaya aktif membayarkan secara cepat untuk membuktikan janji kami kepada konsumen bahwa saat mereka kesulitan, kami dapat membantu mereka,” ujar Budi.

Dia mengungkapkan, hingga kini Zurich Topas Life telah membayarkan  klaim sekitar Rp 4 miliar kepada nasabah terjangkit Covid-19. Nilai klaim di Indonesia relative kecil karena nilai klaim Covid-19 yang dicatatkan grup perseroan di tingkat global mencapai ratusan juta dolar AS 

Klaim asuransi terkait Covid-19
Klaim asuransi terkait Covid-19

Budi menjelaskan, tidak banyak ketentuan yang disyarat kan bagi nasabah untuk mendapatkan proteksi Covid-19. Hal terpenting dari langkah yang dilakukan perseroan bersama industri asuransi jiwa adalah mengusung informasi bahwa berasuransi sangatlah pen ting.

“Terlepas dari Covid-19, masih banyak risiko yang perlu diproteksi,” tegas dia.

Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia/Ketua AAUI
Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia/Ketua AAUI

Ketua Umum DAI/Ketua AAUI, HSM Widodo mengemukakan, pihaknya mendukung sepenuhnya perusahaan-perusahaan asuransi yang turut serta memproteksi nasabahnya dari risiko Covid-19. Hal tersebut menjadi bukti bahwa industri asuransi tidak hanya berorientasi pada bisnis semata.

“Kita mesti melihat secara strategis, termasuk pada hal sistemik. Kami mengapresiasi apa yang dilakukan Zurich Topas Life turut meng-cover risiko Covid-19, karena pada saat inilah kesempatan industri asuransi menunjukkan eksistensi dan fungsinya,” papar dia.

Klaim asuransi terkait Covid-19
Klaim asuransi terkait Covid-19

Widodo menilai, berbagai pendekatan yang dilakukan perusahaan asuransi belakangan ini diharapkan mampu menciptakan masyarakat yang penuh empati (emphatic society). Salah satunya adalah lewat aplikasi donasi yang belum lama ini diluncurkan AAUI.

Dengan begitu, perusahaan asuransi tidak hanya aktif membayarkan klaim. “Mungkin asuransi tidak sejelek yang digembar-gemborkan. Kita punya ratusan perusahaan asuransi yang bisnisnya mulia, menjaga keselamatan dan membantu masyarakat saat susah,” tandas dia. (az)

5 propinsi dengan klaim terbanyak, dan kontribusi klaim Covid-19
5 propinsi dengan klaim terbanyak, dan kontribusi klaim Covid-19

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN