Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Nasabah melakukan klaim di sebuah kantor asuransi AXA Mandiri  di Jakarta, belum lama ini. Foto ilustrasi:  BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Nasabah melakukan klaim di sebuah kantor asuransi AXA Mandiri di Jakarta, belum lama ini. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

AXA Mandiri Luncurkan Aplikasi Layanan Telekonsultasi Kesehatan

Jumat, 18 Juni 2021 | 08:18 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA - PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) meluncurkan aplikasi AXA Mandiri Telekonsultasi, merespon perilaku nasabah yang enggan untuk datang langsung ke fasilitas kesehatan. Aplikasi  gratis ini memungkinkan nasabah melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter umum hingga dokter spesialis.

Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo G Kusuma menyampaikan, masyarakat kini cenderung memilih cara paling aman dalam mendapatkan layanan kesehatan. Dengan demikian mereka  tidak perlu khawatir akan risiko penularan Covid-19. AXA Mandiri pun memahami kebutuhan tersebut.

Dia menerangkan, perusahaan melakukan inovasi berbasis teknologi digital dengan mengembangkan aplikasi yang akan meningkatkan pelayanan telekonsultasi ke tingkatan yang lebih tinggi. Layanan telekonsultasi tidak hanya memberikan informasi umum, namun sudah dapat melakukan proses pengobatan yang personalized sesuai ketentuan.

"Sesuai regulasi yang berlaku, layanan kesehatan secara menyeluruh dapat kami berikan mulai telekonsultasi dengan dokter umum bahkan dengan dokter spesialis pilihan nasabah, pemeriksaan, hingga pemberian resep obat yang terkoneksi langsung dengan apotik online. Apabila dibutuhkan, nasabah juga dapat memperoleh rujukan layanan konsultasi hingga ke klinik di Singapura,” ujar Handojo melalui siaran pers, Kamis (17/6).

Mengacu pada data Kementerian Kesehatan pada akhir Januari 2021, secara nasional tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 mencapai 64,83%, meningkat 0,73% dari 64,1% pada akhir Desember 2020. Kondisi tersebut memunculkan keengganan masyarakat untuk mengunjungi fasilitas kesehatan baik untuk berkonsultasi tatap muka, maupun hanya sekedar membeli obat.

Fenomena ketakutan nasabah untuk datang langsung ke fasilitas kesehatan juga didukung data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) terkait klaim kesehatan. Pada kuartal I-2021, klaim kesehatan turun 10,2% yang ditengarai disebabkan berkurangnya para nasabah melakukan kunjungan ke rumah sakit, sehingga mengakibatkan menurunnya jumlah klaim kesehatan.

Handojo menuturkan, AXA Mandiri Telekonsultasi memungkinkan nasabah dapat melakukan telekonsultasi gratis secara berulang kali dengan Dokter Umum yang tersedia 24 jam setiap hari untuk periode tertentu. Selain itu, layanan dokter spesialis seperti Penyakit Dalam (Internist), Psikolog (Psychologist), THT (ENT), Dokter Mata (Ophthalmologist), Spesialis Kesehatan Kerja (Occupational Health Specialist), Dokter Gigi (Dentist), Ahli Jantung (Cardiologist), tersedia dari jam 8.00-17.00 WIB.

Dia mengatakan, diharapkan layanan tersebut membuat nasabah merasa nyaman, serta mendapatkan kepastian layanan konsultasi kesehatan secara virtual dengan dokter pilihannya. Karena layanan konsultasi bebas biaya itu dapat dilakukan nasabah dengan menggunakan fitur percakapan video (video call) dan fitur percakapan melalui chat yang tersedia di dalam aplikasi.

Nasabah juga dapat mengakses riwayat kesehatan, serta surat rujukan di dalam aplikasi secara mudah. Nasabah AXA Mandiri dapat mengunduh aplikasi AXA Mandiri Telekonsultasi yang tersedia di Play Store dan Apps Store. Lebih lanjut, layanan dari AXA Mandiri tersebut tidak hanya dapat dinikmati oleh nasabah AXA Mandiri, tetapi juga oleh nasabah Bank Mandiri sesuai kriteria tertentu.

Aplikasi AXA Mandiri Telekonsultasi hadir atas kerja sama dengan PT Suprima Mitra Adihusada (Fullerton Health Group) juga menjadi salah satu wujud upaya AXA Mandiri dalam menjadi mitra bagi nasabah, baik saat menjaga kesehatan, maupun saat melakukan pemulihan kesehatan. "Ke depannya, AXA Mandiri akan terus berinovasi dengan pemanfaatan teknologi digital, serta optimalisasi teknologi lainnya untuk meningkatkan layanan bagi nasabah, serta memenuhi kebutuhan proteksi yang lebih banyak lagi bagi masyarakat," tutup Handojo. (pri)

 

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN