Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Budi Darmawan, Chief Distribution Officer PT Zurich Topas Life, dalam diskusi Zooming with Primus - Bisnis Asuransi Saat Pandemi, BeritaSatuTV, Kamis (15/10/2020). Sumber: BSTV

Budi Darmawan, Chief Distribution Officer PT Zurich Topas Life, dalam diskusi Zooming with Primus - Bisnis Asuransi Saat Pandemi, BeritaSatuTV, Kamis (15/10/2020). Sumber: BSTV

Kesadaran Masyarakat terhadap Pentingnya Asuransi Meningkat

Jumat, 16 Oktober 2020 | 08:14 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.idChief Distribution Officer PT Zurich Topas Life Budi Darmawan mengungkapkan, pandemi Cover-19 menjadi berkah tersendiri bagi industri asuransi karena kesadaran masyarakat terhadap pentingnya berasuransi meningkat.

Hal itu tercermin pada permintaan (demand) terhadap produk asuransi, terutama permintaan asuransi kesehatan yang kini melonjak.

“Meski sempat tersendat dan kebingungan pada awal pandemi, perusahaan asuransi jiwa rata-rata sudah kembali menggeliat,”ujar Budi dalam acara Zooming with Primus bertajuk Bisnis Asuransi Saat Pandemi di Beritasatu TV, Kamis (15/10).

Zooming with Primus - Bisnis Asuransi Saat Pandemi, BeritaSatuTV, Kamis (15/10/2020). Sumber: BSTV
Zooming with Primus - Bisnis Asuransi Saat Pandemi, BeritaSatuTV, Kamis (15/10/2020). Sumber: BSTV

Diskusi mingguan yang ditayangkan secara live itu dipandu Direktur Pemberitaan Berita Satu Media Holdings (BSMH), Primus Dorimulu.  .

Budi mencontohkan, pada Maret-April 2020, pendapatan premi semua perusahaan asu ransi jiwa mencatatkan penury unan yang signifikan. Itu karena kanal pemasaran utama, yakni keagenan, tidak bisa leluasa menemui para nasabah secara fisik langsung.

Tetapi memasuki Juni-Juli 2020, kata dia, masyarakat telah beradaptasi dengan kebiasaan baru. Hal serupa dilakukan perseroan bersama industri dalam rangka menjajakan produknya. Sejak itu, Zurich Topas Life mulai mendulang pendapatan dengan memperkenalkan penjualan tanpa tatap muka, khususnya pada produk noninvestasi yang telah diperkenankan regulator.

Kini, Zurich Topas Life sedang mempersiapkan produk investasi atau unit link untuk bisa dipasarkan tanpa tatap muka.

“Jadi, impact Covid tetap ada. Tetapi yang kami hasilkan per bulan sekarang sudah hampir menyamai hasil sebelum pandemi. Pada Agustus-September 2020 sudah mulai mendekati pencapaian sebelum pandemic Covid-19, itu dilihat dari beberapa parameter. Belum semuanya membaik, tapi sudah men dekati,” tutur Budi.

Chief Distribution Officer PT Zurich Topas Life
Chief Distribution Officer PT Zurich Topas Life

Hal itu, menurut Budi Darmawan, turut menunjukkan bahwa industri asuransi jiwa kebal terhadap krisis, terutama krisis kesehatan. Hanya saja, perusahaan asuransi harus bertransformasi mengembangkan teknologi digital seiring dengan upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah.

Budi menambahkan, dalam strateginya, Zurich berupaya mengintegrasikan layanan asuransi jiwa, asuransi umum, dan kehadiran perusahaan asuransi syariah yang sebentar lagi diluncurkan, supaya dapat dinikmati secara bersamaan oleh nasabah.

“Itu kami terapkan melalui satu agen pemasar yang kompeten, sehingga nasabah bisa lebih mudah mencari informasi dan mendapatkan produk-produk asuransi Zurich,” ucap dia.

Namun, Budi mengakui, per masalahannya saat ini adalah  banyak calon nasabah yang enggan mengeluarkan dana untuk berasuransi. Kondisi itu dapat dilihat pada dana pihak ketiga (DPK) perbankan yang hanya mengendap. (az)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN