Menu
Sign in
@ Contact
Search

The akan Naikkan Suku Bunga Acuan Tahun Ini

Jumat, 29 Mei 2015 | 12:47 WIB

Sebelumnya, Gubernur The Fed Janet Yellen juga mengonfirmasikan rencana pihaknya menaikkan suku bunga acuan tahun ini. Tapi, Chairman Loomis Sayles and Co Daniel Fuss tidak mempercayai hal itu. Menurut dia, imbal hasil obligasi pemerintah AS akan dibatasi.


Kenaikan biaya pinjaman AS itu akan mendorong modal mengalir ke dolar AS dan keluar dari pasar berkembang yang sangat membutuhkannya. Atas dasar itu, Fuss memperkirakan The Fed menunda pengetatan kebijakan hingga awal tahun depan, sekalipun perekonomian AS menguat.


“Mereka terbelenggu di antara mandatnya, yang merupakan mandat domestik, dan tekanan-tekanan non-mandat yang berasal dari luar negeri. Mereka akan mengulur waktu selama-lamanya,” kata Fuss, Rabu (27/5) di Tokyo, Jepang.


Dengan begitu, Fuss memprediksikan imbal hasil obligasi AS hanya naik tipis tahun ini. Imbal hasil obligasi 10 tahun diperkirakan sekitar 2,3% pada Desember 2015. Imbal hasil ini bisa naik hingga 2,6% tapi tidak akan turun lagi hingga di bawah 2%. Seperti diutarakan oleh Williams, The Fed mempertimbangkan data-data ke depan untuk melihat sinyal perekonomian AS siap mengatasi kenaikan pertama FFR sejak Juni 2006.


“Jika perekonomian, sebagaimana saya harapkan, terus meningkat, saya pikir tahun ini akan tepat untuk mulai mengambil langkah pertama penaikan FFR dan memulai proses normalisasi kebijakan moneter. Saya perkirakan laju normalisasi itu gradual,” tutur Yellen, saat berpidato di Providence, Rhode Island pada Jumat (22/5).


Baca selanjutnya di

http://id.beritasatu.com/home/kenaikan-ffr-picu-gejolak-global/117614

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com