Menu
Sign in
@ Contact
Search

Investor Jerman Khawatirkan Ketidakpastian

Rabu, 17 Juni 2015 | 15:54 WIB
ah (redaksi@investor.id)

FRANKFURT – Hasil survei dari pusat riset ekonomi Eropa Jerman atau ZEW memperlihatkan kepercayaan investor di Jerman turun hingga ke tingkat terendah dalam tujuh bulan pada Juni 2015. Mereka mengkhawatirkan ketidakpastian yang disebabkan oleh krisis utang Yunani dan lemahnya pertumbuhan global.


Indeks yang banyak diperhatikan dan dirilis pada Selasa (16/6) ini menunjukkan bahwa ada penurunan tajam sebesar 10,4 poin menjadi 31,5 poin pada Juni. ZEW menyebutkan, poin tersebut adalah yang terendah sejak November 2014. Kalangan analis sebelumnya memperkirakan penurunan bulan ini menjadi 37,3 poin.


“Faktor eksternal mengurangi ruang lingkup untuk perbaikan lebih lanjut situasi ekonomi Jerman. Hal ini mencakup, khususnya, ketidakpastian terkait masa depan Yunani dan terhambatnya dinamika ekonomi global,” kata Presiden ZEW Clemens Fuest. Pemerintah Yunani dan para kreditor internasional terjebak dalam kebuntuan setelah kolapsnya pembicaraan terkait porsi terakhir dana pinjaman dari kreditor. Yunani hanya memiliki waktu dua pekan lagi untuk terhindar dari gagal bayar utang (default).


Pembicaraan tentang kucuran utang senilai 7,2 miliar euro atau setara US$ 8,1 miliar itu telah berlangsung lima bulan lamanya. Dalam survei itu, ZEW menanyai kalangan analis dan investor institusional, penilaiannya terhadap situasi ekonomi di Jerman serta harapan beberapa bulan mendatang.


Menurut ZEW, subindeks yang mengukur pandangan para pelaku pasar keuangan terhadap situasi ekonomi di Jerman saat ini tergelincir 2,8 poin menjadi 62,9 poin pada Juni. “Indeks ZEW bulan ini jelas-jelas dipengaruhi oleh volatilitas pasar dan ketidakpastian yang sedang berlangsung mengenai Yunani,” ujar ekonom ByernLB Stefan Kipar.


Namun demikian, tambah dia, pihaknya tidak memproyeksikan kehilangan momentum ekonomi di Jerman, apalagi penurunan produksi. “Faktor fundamental, pelemahan euro dan harga minyak rendah, tetap kokoh dan efek positifnya akan terasa tahun ini,” kata Kipar.


Ekonom Capital Economics Jennifer McKeown mengatakan, fakta bahwa barometer dari ZEW masih tetap di wilayah positif, artinya sebagian besar investor masih melihat kondisi ekonomi membaik dalam enam bulan ke depan. Akan tetapi mayoritas masing- masing mengalami penurunan pada tiga bulan terakhir.


McKeown menyampaikan data ekonomi terbaru menunjukkan pertumbuhan di Jerman akan naik pada kuartal kedua, sehingga perekonomian Jerman akan tampil cukup baik untuk saat ini. Dia juga memprediksi pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) mendekati 2,0% pada 2015.


Sementara itu, kekhawatiran terhadap pengangguran dan krisis utang Yunani berpengaruh terhadap permintaan kendaraan dari Volkswagen AG serta Renault SA. Secara keseluruhan, penjualan mobil di Eropa pada Mei mencatatkan laju terendah dalam enam bulan. Asosiasi pemanufaktur otomotif Eropa atau ACEA melaporkan, Selasa, penjualan pada Mei hanya naik 1,4% menjadi 1,15 juta unit, dibandingkan 1,14 juta unit pada tahun sebelumnya. Sedangkan sepanjang Januari-Mei 2015, penjualan itu naik 6,7% menjadi enam juta unit. (afp/bloomberg/pya)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com