Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Nobel Fisika Diberikan kepada 3 Ilmuwan Inggris

Rabu, 5 Oktober 2016 | 06:59 WIB
Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

STOCKHOLM – Tiga ilmuwan Inggris, David Thouless, Duncan Haldane dan Michael Kosterlitz diumumkan memenangkan Hadiah Nobel Fisika 2016 atas studinya tentang materi ‘zat eksotis’, yang dapat membuka jalan menuju komputer-komputer super cepat dan berukuran kecil.

 

Mengingat pemenang hadiah Nobel Fisika kali ini terdiri atas tiga orang maka Thouless memperoleh separuh dari delapan juta kronor Swedia (atau setara US$$ 931.000 atau € 834.000), sedangkan Haldane dan Kosterlitz berbagi separuhnya lagi.

 

Ketiga ilmuwan ini, bekerja di Amerika Serikat pada bidang topologi yakni cabang matematika yang secara khusus mempelajari perubahan sifat materi atau zat secara bertahap. Mereka mempelajari topologi dalam konteks perilaku atom pada materi eksotis yang hanya terdapat pada kondisi yang istimewa, tak seperti wujud gas, cair, dan padat yang akrab dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

 

“Pemenang tahun ini membuka pintu ke dunia yang tidak diketahui di mana materi ini dapat diasumsikan sebagai materi yang aneh. Berkat hasil temuan mereka, sekarang perburuan dilakukan untuk fase materi baru dan eksotis,” ujar seorang juri Nobel.

 

Menurut juri mengatakan ada harapan bahwa temuan ketiga ilmuwan itu akan digunakan pada bidang ilmu pengetahuan dan elektronik di masa depan, seperti skala kuantum super kecil. Namun, untuk saat ini, temuan para ilmuwan masih tetap berada dalam ranah penelitian.

 

Topologi adalah cabang matematika yang menyelidiki sifat fisik materi dan ruang – pada dasarnya berupa bentuk – yang tetap tidak berubah di bawah kekuatan deformasi tertentu. Hal ini meliputi, peregangan, pemadatan, pembengkokan, tapi tidak termasuk menusuk, merobek atau merekat. Contoh yang sering digunakan adalah berupa gelas kopi terbuat dari bahan karet yang dapat ditekuk, di putar, dan dibentuk ulang menjadi sebuah donat – bagi topologis dua bentuk dapat dibedakan, meskipun kami semua benar-benar berbeda. (afp/pya)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN