Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Nepal Larang Warga Tibet Rayakan Ultah Dalai Lama

Kamis, 7 Juli 2011 | 10:52 WIB
Antara

KATMANDU – Pihak berwenang Nepal mencegah warga Tibet yang tinggal di negara itu untuk merayakan ulang tahun pemimpin spiritual mereka, Dalai Lama. Nepal khawatir, perayaan itu bisa berubah menjadi gerakan anti- Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Ratusan polisi antihuru-hara menghalang-halangi warga Tibet memasuki Sekolah Namgyal yang terletak di utara Kathmandu, di mana rencananya perayaan akan digelar di sana. Siswa hanya diizinkan mengenakan seragam sekolah di dalam kompleks, sementara banyak warga Tibet termasuk para biksu dan biarawati dilarang masuk.

Polisi menahan tiga warga Tibet yang menolak untuk pergi dan mencoba untuk menggelar doa di jalanan. Sebuah bentrokan singkat pecah antara polisi dan warga Tibet, tapi tidak ada yang terluka.

Kepala Pemerintah Distrik Kathmandu Laxmi Prasad Dhakal mengeluarkan peringatan bahwa semua perayaanperayaan umum dilarang dan polisi tidak akan menolerir protes anti-RRT.

Dalai Lama merayakan ulang tahun ke-76 dirinya di Dharmsala, India, yang menjadi tempat tinggalnya sejak meninggalkan Tibet pada 1959. Pada saat itu, dia melakukan pemberontakan melawan kekuasaan RRT di Tibet. Pertemuan Tibet umumnya berubah menjadi protes terhadap RRT. Nepal menyatakan tidak dapat membiarkan aksi protes di wilayahnya terhadap negara-negara sahabat, termasuk RRT.

Ribuan orang Tibet di pengasingan tinggal di Nepal selama beberapa dekade terakhir setelah melarikan diri dari Tibet. Sebagian lainnya melarikan diri ke India, di mana Dalai Lama tinggal. (ap/c12)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN