Menu
Sign in
@ Contact
Search

Umat Muslim dan Kristen di Polandia Sambut Datangnya Ramadan 1438 H

Jumat, 26 Mei 2017 | 14:46 WIB
Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

WARSAWA - Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1438 H, KBRI Warsawa telah mengadakan kegiatan Munggahan pada Rabu (24/5) di Wisma Duta Besar yang dihadiri oleh sekitar 130 WNI di Polandia.


Dubes Peter F. Gontha menyampaikan, keyakinannya sebagai Katolik tidak menghalangi untuk menghormati dan tetap mengadakan acara ini sebagai bentuk penghormatan dan toleransi antara umat beragama di Indonesia.


“Acara munggahan merupakan tradisi umat Islam di Indonesia dalam menyambut awal bulan Ramadhan" kata Peter F. Gontha di hadapan para tamu undangan di Wisma Indonesia.


Hal senada juga disampaikan oleh Imam Nizar Charif dalam sambutan singkatnya. "Jika kita melihat ke sekeliling kita (para tamu undangan), akan terlihat bahwa kita berasal dari berbagai suku bangsa, warna kulit dan budaya yang berbeda," katanya.


Diantara para tamu undangan tampak hadir sejumlah Duta Besar dari negara-negara sahabat antara lain Duta Besar Maroko, Duta Besar Irak, dan Duta Besar Bangladesh.


Selain itu, untuk menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki toleransi antar umat beragama yang tinggi, acara ini juga turut mengundang Apostolic Nuncio to Poland, Duta Besar Salvatore Pennacchio dan para Pastur Indonesia yang sedang bertugas dan belajar di Polandia, serta perwakilan dari dua Islamic Center di Warsawa,


Dalam sambutannya, Dubes Pennachio menyampaikan apresiasinya terhadap acara Munggahan tersebut, dimana bulan puasa merupakan suatu hal yang penting bagi umat Islam. Umat Muslim dan Kristen sama-sama menjunjung tinggi nilai kasih sayang dan saling pengertian terhadap sesama manusia, terutama mereka yang membutuhkan.


Selanjutnya juga disampaikan bahwa pertemuan semacam ini merupakan sesuatu yang dapat dijadikan contoh dalam upaya menjaga hubungan baik dan saling menghormati antar umat beragama, khususnya umat Muslim dan Kristen di Polandia.


Acara kemudian diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Imam Charif bagi umat Muslim dan Romo Heribertus Florianus Wea bagi umat Kristen. (is)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com