Menu
Sign in
@ Contact
Search

Jaga Berlanjutnya Bull Market

Minggu, 22 Oktober 2017 | 09:42 WIB
Oleh Grace Eldora dan Ester Nuky (redaksi@investor.id)

Angin segar di pasar modal Wall Street tersebut mendorong indeks Dow Jones kembali mencetak rekor baru 23.163 pada penutupan perdagangan Kamis (19/10) waktu setempat, atau Jumat (20/10) pagi waktu Indonesia. Membuka perdagangan pada hari berikutnya, Jumat hingga pukul 10.16 pagi waktu AS atau 21.21 WIB, indeks bursa itu terus menguat 0,29% ke level 23.231,35.

 

Kali ini, indeks digerakkan oleh kabar bahwa Senat AS telah mengeluarkan cetak biru anggaran untuk tahun fiskal berikutnya, sebuah langkah yang dipandang sebagai jalan untuk reformasi pajak yang diyakini investor sangat penting untuk menjaga berlanjutnya bull market. Trump memuji dengan mengatakan bahwa ini akan menjadi langkah pertama menuju pemotongan pajak secara besar-besaran untuk rakyat Amerika.

 

Rally pasar saham AS yang dipicu kemenangan pengusaha properti Donald Trump dalam pemilihan presiden November tahun lalu, berpeluang menjadi yang terbesar dalam 85 tahun terakhir. Sejak hari pemungutan suara itu, indeks Dow Jones telah melonjak lebih dari 25%.

 

Pemicunya adalah antusiasme di kalangan investor atas rencana-rencana Trump untuk memangkas regulasi dan pajak, serta meningkatkan lapangan kerja sektor manufaktur. Rally Dow Jones yang dipicu Trump melampaui kenaikan sebesar 23,3% pada tahun setelah kemenangan George HW Bush pada 1988.

 

Pada saat Trump rally memasuki bulan ke-12 pada Oktober ini, investor kian antusias oleh rencana Trump yang memangkas tarif nominal pajak korporasi besar-besaran, dari sekitar 35% menjadi sekitar 20%. Pajak yang lebih rendah dipercaya akan menjadi insentif bagi perusahaan-perusahaan AS.

 

Para investor juga menyenangi pemangkasan pajak, karena perusahaan- perusahaan cenderung membelanjakan dana tersebut untuk buyback saham. Sedangkan buyback saham biasanya mendorong kenaikan harga saham. (bersambung)

 

Baca selanjutnya di http://id.beritasatu.com/home/ekspor-ri-ke-as-berpeluang-meningkat/166884

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com