Menu
Sign in
@ Contact
Search
Seorang pria sedang bermain video game. ( Foto ilustrasi: AFP Relaxnews )

Seorang pria sedang bermain video game. ( Foto ilustrasi: AFP Relaxnews )

Belanja Video Game di AS Turun Tahun Lalu

Sabtu, 18 Januari 2020 | 08:29 WIB
Iwan Subarkah Nurdiawan (subarkah_nurdiawan@investor.co.id)

SAN FRANCISCO, investor.id – Warga Amerika Serikat (AS) mengeluarkan uang lebih sedikit untuk video game pada tahun lalu. Penurunan ini terjadi di saat para produsen siap meluncurkan perangkat baru dan Google menyiapkan judul-judul video game streaming.

Perusahaan riset NPD Group dalam laporannya yang dilansir AFP pada Jumat (17/1) menyatakan, belanja perangkat keras dan peranti lunak game video di AS mencapai US$ 14,6 miliar sepanjang 2019. Angka tersebut menunjukkan penurunan 13% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sony dan Microsoft yang bersaing di sisi peranti keras lewat produk PS dan Xbox berencana merilis perangkat generasi barunya tahun ini. Namun rencana ini juga yang membuat para pemain game menunggu penawaran tersebut, sebelum membelanjakan uangnya demi kegemaran tersebut.

NPD menyebutkan bahwa belanja perangkat game video, peranti lunaknya, aksesoris, dan kartu game di Desember 2019 saja mencapai US$ 3,0 miliar atau turun 15% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Game paling laris di AS adalah "Call of Duty: Modern Warfare". Game ini menjadi yang terlaris tiga bulan berturut-turut, sejak diluncurkan pada Oktober 2019. Game ini mengakhiri 2019 sebagai game paling banyak terjual.

Secara keseluruhan, sudah 11 tahun berturut-turut juga game “Call of Duty” menjadi yang terlaris di AS.

Sementara itu, jumlah pemain game mobile di AS dan Kanada tumbuh 2% menjadi 214 juta orang di tahun lalu. Namun pertumbuhannya melambat karena pasar tablet serta ponsel pintar sudah jenuh.

Adapun uang yang dihabiskan untuk game mobile justru meningkat 24% menjadi US$ 11,82 miliar tahun lalu.

Mobile gaming terus menjadi segmen pasar yang dinamis serta terus membesar, karena menawarkan konten yang menarik bagi semua tipe pemain game,” ujar Mat Piscatella, analis industri game NPD. (afp/sn)

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com