Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Panetta akan Bertemu Menhan Se-Asean

Senin, 17 Oktober 2011 | 15:42 WIB
Antara (redaksi@investor.id)

JAKARTA- Menteri Pertahanan Amerika Serikat Leon Panetta dijadwalkan bertemu dengan mitranya dari 10 negara ASEAN secara informal di Bali pada akhir pekan ini, untuk membahas berbagai isu keamanan regional, termasuk perkembangan di Laut China Selatan.

"Secara informal, kami akan mengadakan pertemuan dengan Menhan Panetta untuk membahas berbagai isu menyangkut stabilitas kawasan," kata Menteri Pertahanan Malaysia Dato' Seri Ahmad Zahid bin Hamidi di Jakarta, Senin (17/10).

Ahmad Zahid menambahkan pertemuan menteri pertahanan se-ASEAN di Bali pada medio pekan ini akan membahas berbagam isu sekaligus memantapkan kerja sama yang telah ada.

"Beberapa isu yang akan dibahas antara lain keamanan maritim, penanganan bencana alam dan bantuan kemanusiaan, penanggulangan teror dan misi pemeliharaan perdamaian," ujar Ahmad Zahidi.

Kehadirannya Panetta di Bali merupakan rangkaian lawatan pertama kalinya ke Asia, yakni Indonesia, Jepang dan Korea Selatan. Mantan petinggi Pentagon itu akan memulai kunjungan pada 21 Oktober. Persinggahan pertama di Bali, lalu Tokyo dan Seoul sebelum kembali ke AS pada 28 Oktober, kata sekretaris pers Pentagon, George Little.

Pemerintah Presiden Barack Obama telah berusaha untuk mengalihkan fokus kebijakan luar negeri negara itu ke Asia. Dalam sebuah pidato, Selasa, Panetta mengatakan, kawasan itu adalah tempat "masa depan keamanan dan ekonomi negara kita akan sebagian besar bersandar pada abad ke-21".

Dengan kemunculan China, AS akan perlu menjamin kembali para sekutu dan diperlengkapi dengan "proyek kekuatan kita" di kawasan itu, katanya.

Kehadiran Panetta juga merupakan bagian dari kehadiran AS pada KTT ke-19 ASEAN yang dirangkai dengan Pertemuan Tingkat Tinggi Asia Timur (East Asia Summit/EAS) di Bali. Pada kedua perhelatan itu, Presiden Barack Obama dijadwalkan hadir, begitu pun Presiden Rusia Dmitry Medvedev.

Keikutsertaan As pada KTT ke-19 ASEAN tidak terlepas dari pembahasan tindak lanjut mengenai rancangan Deklarasi Kode Etik di Laut China Selatan (South China Sea Code of Conduct) yang merupakan hasil KTT ke-18 ASEAN.

"AS dan Rusia dilibatkan karena kedua negara tersebut juga memiliki kepentingan ekonomi dan keamanan di jalur Laut China Selatan," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Michael Tene.

Tene mengatakan kehadiran AS dan Rusia diharapkan dapat memberi pertimbangan dan masukan dalam menyelesaikan masalah Laut China Selatan yang melibatkan China, Vietnam, Kamboja,Thailand,Malaysia, Singapura, Indonesia, Brunei Darussalam, dan Filipina.(ant/hrb)

Editor : herry barus (herrybarus@yahoo.com.au)

BAGIKAN