Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Medali Hadiah Nobel. ( Foto: theconversation.com )

Medali Hadiah Nobel. ( Foto: theconversation.com )

Upacara Penghargaan Nobel Disiarkan Dalam Format Digital

Rabu, 23 September 2020 | 08:04 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

STOCKHOLM, investor.id – Yayasan Nobel atau Nobel Foundation untuk kali pertama membatalkan pelaksanaan upacara penghargaan yang biasa digelar secara tradisional sejak 1944, karena pandemi virus corona Covid-19, dan mengalihkannya ke format televisi digital.

Dalam kondisi normal para pemenang penghargaan akan diundang ke Stockholm, untuk menerima medali dan ijazah dari raja Swedia secara langsung dalam sebuah upacara resmi yang diadakan pada Desember.

Upacara penghargaan Nobel tahun ini akan digelar dalam format acara televisi di mana prosesi pemberian hadiah tahun ini akan disusun bersama dengan fitur-fitur dari berbagai belahan dunia.

“Situasi saat ini dengan pandemi yang sedang berlangsung, berarti ini adalah tahun yang unik dalam sejarah Hadiah Nobel. Idenya nanti adalah bahwa medali dan ijazah penghargaan diserahkan kepada para pemenang dengan aman di negara asal mereka. Kemungkinan besar, penyerahan penghargaan akan dilakukan dengan bantuan kedutaan besar atau universitas dari pemenang,” demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh Yayasan Nobel, sebagai pihak penyelenggara, pada Selasa (22/9), yang dikutip dari AFP.

Kepala Institut Nobel di Norwegia juga menuturkan, upacara penghargaan Hadiah Perdamaian – yang diselenggarkan di Oslo pada 10 Desember – bakal diubah dan dipindahkan dari tempat megah di Balai Kota Oslo ke auditorium Universitas Oslo yang lebih kecil, dengan alasan pandemi.

Direktur Yayasan Nobel Lars Heikensten, pada Juli telah mengatakan bahwa pelaksanaan upacara penghargaan bakal digelar dalam format yang baru.

“Pelaksanaan pekan Nobel tidak akan berlangsung seperti biasanya karena pandemi yang menyebar saat ini. Ini adalah tahun yang sangat istimewa karena semua orang harus berkorban dan beradaptasi dengan keadaan yang benar-benar baru,” ujar Heikensten dalam pernyataan 21 Juli.

Dia menambahkan, nantinya para pemenang Hadiah Nobel akan disorot dalam cara yang berbeda, bersama dengan hasil penemuan dan karya mereka.

Di samping itu, acara perjamuan mewah tradisional setelah mengikuti upacara penghargaan ikut dibatalkan tahun ini. Namun acara Pekan Nobel menjelang upacara penghargaan akan dilakukan dalam format baru.

Menurut sejarawan Nobel Gustav Kallstrand, selama peristiwa Perang Dunia II penyerahan beberapa Hadiah Nobel tidak dapat diberikan dan beberapa ditunda, meskipun Swedia tidak berpartisipasi dalam pertempuran tersebut. Alhasil, Hadiah Nobel untuk para pemenang pada 1944 diberikan pada 1945.

“Terakhir kali tidak ada upacara penghargaan di Stockholm adalah pada 1944, tetapi tahun ini hanya ada upacara yang digelar secara digital,” kata Kallstrand kepada AFP.

Ada pun pengumuman pemenang Nobel tahun ini dari bidang kedokteran, fisika, kimia, sastra, perdamaian dan ekonomi, masih sesuai jadwal yakni antara 5 dan 12 Oktober.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN