Menu
Sign in
@ Contact
Search
Sampul majalah Time menampilkan lukisan wajah Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris sebagai Person of the Year 2020. ( Foto: Jason Seiler / TIME / TIME Person of the Year / AFP )

Sampul majalah Time menampilkan lukisan wajah Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris sebagai Person of the Year 2020. ( Foto: Jason Seiler / TIME / TIME Person of the Year / AFP )

'Person of The Year 2020' untuk Biden-Harris

Sabtu, 12 Desember 2020 | 07:11 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

NEW YORK, investor.id – Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris dinobatkan oleh majalah Time sebagai Person of the Year 2020 pada Kamis (10/12) waktu setempat, usai kemenangannya atas Presiden Donald Trump dalam pemilihan presiden 3 November 2020.

“Karena mengubah kisah Amerika, untuk menunjukkan bahwa kekuatan empati lebih besar daripada kemarahan terhadap perbedaan, serta untuk berbagi visi penyembuhan di dunia yang berduka,” demikian pernyataan Time saat ditanya alasan memilih Biden dan Harris, seperti dikutip AFP.

Selain pasangan presiden dan wakil presiden terpilih yang diusung Partai Demokrat, tiga finalis lain yang bersaing adalah para pekerja perawatan kesehatan garis depan dan Anthony Fauci, gerakan keadilan rasial, dan Presiden Trump.

Sampul majalah Time membanggakan potret Biden (78 tahun) dan Harris (56 tahun), dengan judul Changing America's story atau “Mengubah Kisah Amerika.”

“Bersama-sama, mereka menawarkan pemulihan dan pembaruan dalam satu tiket. Dan Amerika membeli apa yang mereka jual,” demikian disampaikan majalah itu.

Seperti diketahui, Biden mengalahkan Trump dengan 306 suara electoral college dibandingkan 232 suara yang dikumpulkan Trump, sekaligus mengakhiri kepemimpinan taipan real estate yang menjadi presiden satu kali masa jabatan.

Biden dilaporkan menerima sekitar tujuh juta suara lebih banyak daripada lawannya yang diusung Partai Republik. Trump sendiri sampai saat ini belum mengakui kekalahannya, serta mengklaim penipuan suara besar-besaran yang tanpa bukti.

Time juga memuji langkah tepat Partai Demokrat karena menggulingkan presiden yang sedang menjabat untuk yang ke-10 kalinya dalam sejarah AS.

“Biden dan Harris harus membangkitkan kembali kekuatan partai yang memudar dengan jumlah pemilih kulit putih tanpa gelar sarjana; memberi energi pada basis pemilih muda perkotaan yang beragam; dan memotivasi gerombolan masyarakat pinggiran kota yang marah, terutama lulusan perguruan tinggi dan wanita, yang telah melarikan diri dari era GOP (Grand Old Party/Partai Republik) Trump,” tulis Time.

Penghargaan majalah Time – yang diberikan setiap tahun sejak 1927 – bertujuan memberikan penghormatan kepada sosok atau tokoh paling berpengaruh dalam hal pemberitaan, baik atau buruk, selama tahun kalender.

Ketika Biden ditanya oleh Time apa yang ingin orang-orang katakan tentang dirinya setelah empat tahun di Gedung Putih, Biden menjawab: “Bahwa Amerika lebih baik dan rata-rata orang Amerika merasa lebih baik pada hari kami pergi dibandingkan pada hari kami datang. Itulah tujuan saya. “

Sedangkan Harris adalah wakil presiden terpilih pertama yang dinobatkan sebagai Person of the Year.

Dalam wawancara Harris dengan Time, pemerintahan Biden harus menangani sejumlah masalah dari Gedung Putih, termasuk pandemi, krisis ekonomi dan pembalasan yang sudah lama tertunda tentang keadilan rasial.

“Kami harus mampu melakukan banyak tugas, seperti yang dilakukan orang tua atau manusia mana pun,” kata Harris.

Pekerja penting di garis depan melawan pandemi virus corona Covid-19, termasuk dokter, perawat, dan karyawan toko kelontong, menduduki puncak jajak pendapat pembaca tentang siapa yang harus dinobatkan sebagai Person of the Year.

Sebelumnya pada Kamis, Time menobatkan superstar bola basket LeBron James sebagai Athlete of the Year atas prestasinya di dalam dan di luar lapangan.

Pemain basket klub Los Angeles Lakers berusia 35 tahun itu mendapat penghargaan karena berjuang melawan penindasan pemilih di antara warga kulit hitam dalam setahun ketika ia memenangkan gelar NBA keempatnya.

Selain itu, majalah Time juga menobatkan boyband Kpop Korea Selatan, BTS sebagai Entertainer of the Year. Aktivis perubahan iklim remaja Greta Thunberg menjadi Time's Person of the Year tahun lalu, sementara Trump pernah dinobatkan pada 2016.


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com