Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Karyawan Northwell Health sekaligus Ketua Pengobatan Darurat Yves Duroseau menerima suntikan vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Lenox Hill, di Pusat Kesehatan Long Island Jewish, pada 14 Desember 2020. ( Foto: Timothy A. Clary / AFP )

Karyawan Northwell Health sekaligus Ketua Pengobatan Darurat Yves Duroseau menerima suntikan vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Lenox Hill, di Pusat Kesehatan Long Island Jewish, pada 14 Desember 2020. ( Foto: Timothy A. Clary / AFP )

AS Mulai Vaksinasi Covid-19

Selasa, 15 Desember 2020 | 06:23 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

KALAMAZOO, investor.id – Pemerintah Amerika Serikat (AS) mulai menjalankan program vaksinasi Covid-19 pada Senin (14/12) waktu setempat, sementara angka kematian di Negeri Paman Sam mencapai 300.000 jiwa.

Menurut laporan, truk-truk pengiriman dengan peralatan pendingin khusus telah diluncurkan dari fasilitasnya yang berlokasi di Kalamazoo, Michigan, AS pada Minggu (13/12). Kendaraan-kendaraan truk ini merupakan bagian dari rencana publik-swasta untuk mengirimkan jutaan dosis vaksin Pfizer-BioNtech yang baru saja memperoleh persetujuan penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Food and Drug Administration/FDA) untuk masyarakat AS di kelompok rentan.

Layanan kurir FedEx dan UPS telah mengerahkan armada truk dan pesawat untuk membawa kargo berharga mereka – yang beberapa di antaranya mendapat penjagaan bersenjata ketat – ke seluruh 50 negara bagian, di tempat-tempat yang mana terdapat para petugas perawatan kesehatan dan penghuni panti jompo sebagai kelompok prioritas pertama penerima vaksin Covid-19.

“Vaksin-vaksin telah dikirimkan dan sedang dalam perjalanan. Semoga AS berhasil. Semoga dunia sehat,” cuit Presiden Donald Trump, yang dilansir AFP.

Gubernur Kentucky Andy Beshear mengatakan orang-orang pertama akan divaksinasi pada Senin atau kurang dari 72 jam setelah vaksin Pfizer-BioNtech menerima otorisasi darurat dari FDA.

Menurut laporan, sebanyak 2,9 juta dosis akan diberikan pada Rabu (16/12). Para pejabat menambahkan, 20 juta warga Amerika dapat menerima dua suntikan pada akhir tahun ini, dan 100 juta penduduk berikutnya menerima vaksin pada Maret 2021.

UPS dan FedEx disebut akan mengirimkan botol-botol vaksin ke 636 lokasi di seluruh negeri pada Rabu (16/12).

Walau ada terobosan vaksin Covid-19, jumlah kasus infeksi di AS dan negara-negara lain banyak yang mengalami lonjakan sehingga peristiwa ini menjadi momen tergelap dari pandemi. Para ahli kesehatan AS pun menyambut baik terobosan vaksin yang luar biasa, namun mereka memperingatkan orang-orang untuk tidak menjadi lalai dalam memperhatikan tindakan-tindakan pencegahan.

Di samping itu, para ahli kesehatan masih berjuang melawan skeptisisme vaksin, kelelahan akibat penerapan karantina, dan kepatuhan tidak merata terhadap aturan keselamatan.

“Beberapa pekan ke depan akan menjadi neraka, saya khawatir. Jadi kami memohon orang-orang untuk tolong, tolong, tolong jangan lengah,” kata Gubernur New Jersey Phil Murphy kepada ABC.

Warga Jerman membawa tas belanja di sepanjang jalan area perbelanjaan di distrik Steglitz, Berlin pada 14 Desember 2020. Beberapa hari sebelum penerapan karantina sebagian untuk menghentikan penyebaran pandemi virus corona Covid-19. ( Foto: Tobias Schwarz / AFP )
Warga Jerman membawa tas belanja di sepanjang jalan area perbelanjaan di distrik Steglitz, Berlin pada 14 Desember 2020. Beberapa hari sebelum penerapan karantina sebagian untuk menghentikan penyebaran pandemi virus corona Covid-19. ( Foto: Tobias Schwarz / AFP )

Catatan Suram AS

Seperti diketahui, Amerika Serikat memiliki catatan jumlah kematian tertinggi di dunia, yakni lebih dari 299.000 jiwa, dan jumlah kasus infeksi terbesar yang mencapai 16,2 juta. Bahkan dalam sepekan terakhir, angka kasus baru telah mencapai lebih dari 1,5 juta.

Sedangkan di seluruh dunia, sedikitnya terdapat 1,6 juta korban meninggal dunia sejak wabah virus corona muncul di Tiongkok pada Desember tahun lalu, sehingga terdapat 71,6 juta kasus secara keseluruhan.

Kampanye vaksinasi yang dimulai pekan ini di Amerika Serikat, juga Kanada, dibarengi oleh langkah Pemerintah Jerman dengan mengumumkan karantina sebagian yang dimulai pada Rabu (16/12).

Pihak berwenang Jerman bakal menutup pertokoan dan sekolah-sekolah, sebagai upaya menghentikan pertumbuhan eksponensial dalam hal kasus infeksi. Aturan pembatasan, yang disetujui oleh Kanselir Angela Merkel dan para pemimpin regional, akan berlaku selama musim liburan bulan ini hingga 10 Januari tahun depan.

Menurut laporan, sekarang kondisi negara dengan kekuatan ekonomi di Eropa itu terpukul parah oleh kebangkitan virus corona. Setiap hari muncul laporan kasus infeksi baru hingga tiga kali lipat dibandingkan puncak musim semi lalu. Kemudian pada pekan lalu, jumlah korban meninggal dunia terkait Covid-19 setiap hari mendekati 600 jiwa.

Negara-negara bagian di wilayah Jerman yang paling terdampak telah memerintahkan langkah-langkah baru. Semisal pada Negara Bagian Saxony, di mana di beberapa tempat di daerah ini tingkat insidennya telah mencapai 500 per 100.000 orang. Pemerintah setempat pun memutuskan menutup pertokoan dan sekolah-sekolah mulai Senin.

Kematian Tertinggi

Sementara itu di Italia, telah melampaui catatan Inggris sebagai negara di Eropa dengan angka kematian tertinggi.

“Saya khawatir tentang libur Natal selama dua pekan. Pertempuran (atas Covid-19) masih belum dimenangkan,” ungkap Menteri Kesehatan Italia Roberto Speranza, seraya memperingatkan bahwa negara ini memiliki catatan 64.520 kematian, melampaui 64.267 yang dicatat Inggris.

Di tempat lain, perdana menteri Eswatini di Afrika Selatan meninggal di rumah sakit pada Minggu, dua pekan setelah tertular virus corona.

Di Aljazair, Afrika Utara, Presiden Abdelmadjid Tebboune (75 tahun) muncul di layar kaca setelah mendapat perawatan di rumah sakit karena terpapar Covid-19 pada Oktober. “Terima kasih kepada Tuhan. Saya sudah mulai pulih,” tutur dia.

Sedangkan, Presiden Brasil Jair Bolsonaro menuai kritik pedas atas rencana pemerintahannya untuk memvaksinasi penduduk. Brasil, yang memiliki catatan kematian tertinggi kedua di dunia akibat Covid-19, menerbitkan kebijakan vaksinasi pada Sabtu (12/12) di bawah tekanan dari Mahkamah Agung. Tetapi, tidak ada perintah dari negara atau penjelasan terperinci tentang bagaimana mencukupi dosis vaksin yang tepat.

Surat kabar terkemuka Folha de Sao Paulo, dalam editorial halaman depan menuliskan laporan sengit. Mereka menyebut, sikap Bolsonaro yang skeptis terhadap virus corona telah menunjukkan kebodohan yang mematikan.

Di Korea Selatan – yang sempat dijadikan model dalam memerangi pandemi – pada Minggu kembali melaporkan 1.030 kasus virus korona baru, dan merupakan rekor tertingginya untuk hari kedua berturut-turut. (afp)


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN