Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Patung Sinterklas berdiri di sebelah botol-botol vaksin Covid-19, pada 17 Desember 2020 di Paris, Prancis. ( Foto: Joel Saget / AFP )

Patung Sinterklas berdiri di sebelah botol-botol vaksin Covid-19, pada 17 Desember 2020 di Paris, Prancis. ( Foto: Joel Saget / AFP )

Vaksinasi Covid di UE Mulai 27 Desember

Jumat, 18 Desember 2020 | 07:09 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

BRUSSELS, investor.id – Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan pada Kamis (17/12) bahwa Uni Eropa (UE) akan memulai vaksinasi Covid-19 pada 27 Desember 2020. UE mengikuti langkah Inggris dan Amerika Serikat (AS) yang sudah lebih dahulu memvaksinasi warganya dari kelompok prioritas, setelah regulator setempat mengeluarkan otorisasi penggunaan darurat untuk vaksin Pfizer-BioNTech.

“Itu adalah momen Eropa. Pada 27, 28 dan 29 Desember, vaksinasi akan dimulai di seluruh UE,” cuit dia, seperti dikutip AFP.

Juru bicara von der Leyen, Eric Mamer, menyampaikan kepada wartawan bahwa peluncuran program vaksinasi akan tergantung pada keputusan Badan Pengawas Obat-obatan Eropa atau European Medicines Agency (EMA). Menurut dia, EMA dijadwalkan bertemu pada Senin (21/12) untuk melakukan kajian atas penggunaan darurat vaksin Pfizer-BioNTech.

Saat ini, Uni Eropa sedang mempersiapkan program vaksinasi terkoordinasi di 27 negara anggotanya untuk memastikan akses yang adil terhadap dosis. Komisi Eropa pun telah menandatangani kontrak dengan tujuh pemasok vaksin potensial guna memastikan semua warga negara dewasa UE mendapatkan suntikan vaksin.

Negara-negara anggota UE sendiri yang bakal memutuskan siapa saja dari warganya yang mendapat vaksinasi prioritas. Namun, kelompok orang tua dan petugas kesehatan yang merawat pasien Covid-19 akan berada di antrean depan.

Sebagai informasi, vaksin yang dikembangkan oleh raksasa perusahaan farmasi AS, Pfizer dan perusahaan Jerman, BioNTech telah terbukti 95% efektif dalam uji coba global di mana dua dosis vaksin disuntikkan dengan jeda waktu tiga pekan.

Di Eropa, vaksin tersebut di produksi di fasilitas Pfizer di Belgia, dan dikirimkan dengan menggunakan truk dan pesawat. Dalam penyimpanannya, vaksin harus berada dalam lemari pendingin bersuhu minus 70 derajat Celcius, tetapi dapat bertahan di kisaran suhu 2 hingga 8 derajat Celcius jika didistribusikan dalam jarak dekat.


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN