Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. ( Foto: Mandel Ngan / AFP )

Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. ( Foto: Mandel Ngan / AFP )

Trump Sewa Pengacara Baru

Senin, 1 Februari 2021 | 09:54 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

WASHINGTON, investor.id – Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Minggu (31/1) mengumumkan telah menyewa dua pengacara pembela baru untuk memimpin persidangan pemakzulan keduanya yang bersejarah.

Trump memperkenalkan pengacara utama, David Schoen dan Bruce L. Castor, Jr, selang satu hari setelah sebuah laporan menyebutkan bahwa beberapa anggota meninggalkan tim hukumnya lebih dari sepekan ketika persidangannya di depan Senat AS.

Sebagai informasi, Schoen adalah seorang pengacara persidangan yang mengatakan bertemu dengan Jeffrey Epstein pada 2019 sebelum bunuh diri di penjara. Dia membantunya membela Epstein atas tuduhan perdagangan seks.

Sedangkan Castor sebelumnya menjabat sebagai jaksa penuntut yang menolak mengajukan kasus komedian AS Bill Cosby,yang dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap Andrea Constand. Kasus ini kemudian dilanjutkan olehhh enerus Castor dan Cosby dihukum pada 2018.

Sementara Trump, yang meninggalkan jabatan kepresidenan pada 20 Januari, menghadapi persidangan atas tuduhan telah menghasut massa yang menyerbu gedung Capitol AS. Aksi ini merupakan upaya untuk mencegah kekalahannya dalam pemilihan umum (pemilu) AS melawan Presiden Joe Biden.

Sidang Trump terbilan bersejarah karena ini merupakan pemakzulan kedua yang dilayangkan selama empat tahun di Gedung Putih, dan merupakan yang pertama bagi mantan presiden Amerika Serikat.

Schoen yang telah bekerja dengan tim pembela menyatakan, bahwa dia dan Castor setuju jika pemakzulan ini tidak konstitusional. Demikian menurut pernyataan itu.

Schoen pun telah mewakili sekutu Trump dan konsultan kampanye Roger Stone.

Dikutip oleh CNN dari sumber, bahwa lima pengacara – termasuk dua yang dianggap memimpin tim – memilih berpisah dengan miliarder Republik karena tidak setuju atas strategi hukumnya.

Sebagai informasi, Trump ingin para pengacara melanjutkan klaim tidak berdasarnya atas penipuan pemilu massal daripada fokus pada legalitas menghukum seorang presiden setelah dia meninggalkan jabatannya. CNN juga menambahkan bahwa dia "tidak menerima" diskusi.

Mantan presiden tersebut dilaporkan telah berjuang untuk membentuk pertahanan menjelang persidangan bersejarahnya, yang tinggal beberapa hari lagi.

Sidang – di mana Trump menghadapi tuduhan “hasutan pemberontakan” – akan dimulai pada 9 Februari. Tetapi hanya lima anggota Partai Republik yang bergabung dengan 50 Demokrat pada pekan ini, yang enyetujui bahwa persidangan harus dilanjutkan. Tampaknya tidak mungkin 17 anggota Republikan akan melawan Trump. Padahal diperlukan jumlah minimum untuk mencapai ambang dua pertiga guna menghukum Trump.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN