Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Para pendukung Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump saat melakukan protes di luar gedung Capitol di Washington, DC., AS pada 6 Januari 2021. ( Foto: Alex Edelman / AFP )

Para pendukung Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump saat melakukan protes di luar gedung Capitol di Washington, DC., AS pada 6 Januari 2021. ( Foto: Alex Edelman / AFP )

Demokrat Siapkan Detail Pemakzulan Trump

Kamis, 11 Februari 2021 | 06:47 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

WASHINGTON, investor.id – Para Senator Demokrat menyiapkan detail pemakzulan kedua terhadap mantan Presiden Donald Trump pada Rabu (10/2) waktu setempat. Mereka akan berusaha meyakinkan para Senator dari Partai Republik untuk mendakwa Trump.

Tapi hal itu bakalan sulit tercapai, karena Demokrat membutuhkan 17 Senator Republik untuk memberikan dukungan agar menghasilkan mayoritas dua pertiga suara. Sejauh ini, baru enam senator Republik yang setuju bahwa persidangan tersebut konstitusional.

Seperti diketahui, Trump menghadapi satu tuduhan menghasut pemberontakan setelah dia mengatakan kepada para pendukung Partai Republik yang marah di dekat Gedung Putih, untuk berjuang sekuat tenaga.

Sidang pemakzulan kedua Trump pada Selasa (9/2) waktu setempat dibuka dengan menayangkan rekaman video peristiwa serangan mengerikan pada 6 Januari, di mana saat itu para pendukung Trump yang berada di dekat gedung Capitol Amerika Serikat (AS) merangsek maju, mendobrak pintu, masuk ke ruang Senat dan memicu kerusuhan yang menyebabkan lima orang tewas.

Menyusul pernyataan pembukaan dari para pelaksana sidang pemakzulan Demokrat dan pengacara Trump pada Selasa, kedua belah pihak akan menyempurnakan kasus mereka mulai Rabu. Dan Demokrat sebagai pihak yang pertama.

Di bawah aturan pemakzulan, masing-masing pihak memiliki waktu 16 jam selama dua hari untuk mempresentasikan kasus mereka, yang dimulai siang hari. Para senator juga akan diberikan waktu total empat jam untuk melakukan interogasi.

Suara Bipartisan

Menurut laporan Selasa, para senator yang mendukung persidangan konstitusional bersejarah adalah sebanyak 56-44. Mereka menolak tawaran pengacara Trump untuk membatalkannya dengan alasan sang mantan presiden tidak dapat diadili oleh anggota parlemen.

Sebelumnya, kedua belah pihak sempat mempresentasikan kasus pembukaan. Dalam presentasi ini, Demokrat berpendapat Trump telah melanggar sumpahnya dalam upaya terang-terangan untuk mempertahankan kekuasaan setelah kalah dari Joe Biden dalam pemilihan presiden 3 November 2020.

Selain menolak menerima kekalahan, Trump juga menyebarkan kebohongan tentang kecurangan suara dan berulang kali menekan pejabat, termasuk wakil presiden Mike Pence, guna mencoba dan menghentikan transfer kekuasaan.

“Jika Kongres hanya berdiri sepenuhnya dalam menghadapi kejahatan luar biasa terhadap Republik, itu akan mengundang presiden masa depan untuk menggunakan kekuasaan mereka tanpa takut mempertanggungjawabkan,” kata Joe Neguse, pelaksana pemakzulan Demokrat, yang dikutip AFP.

Rekaman video kekacauan yang diputar di Senat pada Selasa telah memberikan pukulan terbesar. Para senator – yang sempat menyaksikan peristiwa kekerasan secara langsung dan harus dilarikan ke tempat aman – menyaksikan rekaman mentah pidato Trump dan serangan massa yang terjadi selanjutnya di gedung Capitol. Video ini memperlihatkan massa meneriakkan slogan-slogan pro-Trump saat mendobrak pintu, mengerumuni polisi, dan berhasil untuk pertama kalinya dalam sejarah mengganggu pemungutan suara Kongres untuk mengesahkan hasil pilpres AS.


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN