Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Rusia Tingkatkan Perdagangan dengan China

Selasa, 8 November 2011 | 08:32 WIB
Antara

MOSKOW- Perdagangan Rusia dengan China akan menjadi tidak kurang dari US$80 miliar pada 2011 dan akan cepat meningkat menjadi US$200 miliar, Perdana Menteri Vladimir Putin mengatakan, Senin  (7/11), saat bertemu dengan Perdana Menteri China Wen Jiabao.

"Tahun lalu volume perdagangan kita adalah US$59 miliar, dan tahun ini sudah US$53 miliar  dalam delapan bulan pertama, mungkin akan menjadi tidak kurang dari US$80 miliar untuk tahun ini," kata Putin kepada mitranya dari China.

"Kami akan cepat mencapai tingkat US$100 miliar dan US$200 miliar, seperti yang kita direncanakan," katanya dalam sambutannya sebelum menutup pembicaraan bilateral.

"Hari ini kita menyaksikan kemajuan besar tidak hanya dalam perkembangan persahabatan dan kepercayaan politik antara negara kita, tetapi juga dalam peningkatan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan," jawab Wen.

Putin menjadi tuan rumah perdana menteri China di Saint-Petersburg kurang dari satu bulan setelah terjadi kunjungan kenegaraan ke tetangganya yang kuat di timur. Kedua negara mengumumkan mereka ingin meningkatkan volume perdagangan menjadi US$200 miliar pada 2020.

Rusia dan China telah "mengunci" negosiasi tentang sebuah kesepakatan pasokan gas besar yang bisa mengirim sekitar US$70 meter kubik per tahun gas Rusia ke China yang haus energi selama periode 30 tahun.

Meskin para pejabat mengatakan kedua negara telah lebih mendekati penandatanganan kesepakatan daripada sebelumnya yang lama tertunda, tidak ada terobosan telah dilakukan karena perbedaan pendapat pada harga.(ant/hrb)

Editor : herry barus (herrybarus@yahoo.com.au)

BAGIKAN