Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Foto: IST

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Foto: IST

AS Janji Perkuat Hubungan Bilateral dengan Indonesia

Rabu, 17 Februari 2021 | 17:44 WIB
Natasia Christy Wahyuni

JAKARTA, investor.id – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony J Blinken, Selasa (16/2/2021), melakukan pembicaraan lewat telepon dengan Menlu RI Retno Marsudi. Dalam percakapan tersebut, Blinken membahas sejumlah hal, salah satunya berjanji memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia.

“Menlu Blinken menegaskan semakin pentingnya Kemitraan Strategis AS-Indonesia bagi kemakmuran dan keamanan kedua negara, dan berjanji untuk lebih memperkuat hubungan bilateral yang luas antara kedua negara,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price lewat pernyataan yang dipublikasikan oleh Kedutaan Besar AS di Jakarta, Rabu (17/2/2021).

Price mengatakan kedua menlu juga membahas peluang peningkatan perdagangan dan investasi antara AS dan Indonesia.

“Menlu Blinken juga sepakat akan peran utama sentralitas ASEAN di Indo-Pasifik, dan menggarisbawahi pentingnya dalam melindungi dan menjaga Laut Cina Selatan yang bebas dan terbuka,” sebut Price.

Baik Blinken maupun Retno, kata Price, juga membahas tentang situasi politik di Myanmar atau biasa disebut juga Burma. Kedua menlu mengungkapkan keprihatinan yang mendalam atas kudeta di negara itu.

Isu kawasan lain yang diangkat kedua menlu adalah masalah Afghanistan. Menurut Price, Menlu Blinken menyampaikan terima kasih kepada Menlu Retno atas usaha penting dalam membawa perdamaian di Afghanistan, memuji kepemimpinannya sebagai teladan positif bagi perempuan dan anak perempuan.

“Menlu Blinken juga mencatat bahwa sebagai negara mayoritas Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki wawasan khusus yang dapat ditawarkan kepada rakyat Afghanistan dalam usaha penyelesaian masalah politik,” kata Price.

Pada Selasa, Menlu Retno menyatakan akan melakukan komunikasi secara maraton dengan sejumlah menteri luar negeri dan mengunjungi sejumlah negara ASEAN termasuk Brunei Darussalam sebagai ketua ASEAN. Komunikasi dan kunjungan itu untuk mendorong agar penyelesaian masalah Myanmar dapat dilakukan lewat mekanisme kawasan.

Menlu Retno menyatakan akan berkomunikasi dengan Menlu AS Antony Blinken pada Selasa, dilanjutkan kunjungan ke beberapa negara ASEAN termasuk Brunei Darussalam sebagai ketua ASEAN. Kemudian, Rabu, Menlu Retno akan berkomunikasi dengan Menlu Tiongkok Wang Yi.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN