Menu
Sign in
@ Contact
Search
Staf maskapai mengenakan alat pelindung saat para wisatawan mendapatkan pemeriksaan medis setibanya di Teminal 3 di bandara Dubai, Uni Emirat Arab pada 8 Juli 2020. ( Foto: CACACE GIUSEPPE / AFP )

Staf maskapai mengenakan alat pelindung saat para wisatawan mendapatkan pemeriksaan medis setibanya di Teminal 3 di bandara Dubai, Uni Emirat Arab pada 8 Juli 2020. ( Foto: CACACE GIUSEPPE / AFP )

Jumlah Penumpang Bandara Dubai Turun 40%

Kamis, 12 Aug 2021 | 07:12 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

DUBAI, investor.id – Bandara Internasional Dubai pada Rabu (11/8) melaporkan penurunan lalu lintas udara sebanyak 41% di Kuartal I-2021. Meski demikian, pihaknya telah mengantisipasi lonjakan pertumbuhan yang kuat setelah aturan pembatasan perjalanan dilonggarkan.

Menurut Kantor Media Dubai (Dubai Media Office), jumlah penumpang yang melewati bandara terbesar di dunia untuk melakukan perjalanan internasional turun menjadi 10,6 juta dalam enam bulan pertama 2021. Padahal pada Kuartal I tahun lalu, bandara ini telah menyambut 17,8 juta penumpang sebelum menangguhkan sementara penerbangan komersial di Kuartal II guna membatasi penyebaran virus corona Covid-19.

“Bandara Dubai memproyeksikan pertumbuhan yang kuat untuk Dubai International pada semester kedua tahun ini,” demikian menurut pernyataan yang dikutip AFP.

Sebagai informasi, tahun lalu Bandara Internasional Dubai melaporkan penurunan lalu lintas 70% di mana jumlah pelancong merosot lebih dari 86 juta pada 2019 menjadi 25,9 juta pada 2020.

Advertisement

Menurut Asosiasi Transportasi Udara Internasional (International Air Transport Association/IATA), lalu lintas penumpang udara global anjlok luar biasa sebesar 66% pada tahun lalu karena pembatasan perjalanan yang diberlakukan selama pandemi Covid.

Namun pihak bandara memperkirakan volume yang lebih baik dalam enam bulan hingga akhir Desember 2021.

“Untuk mengantisipasi pemulihan perjalanan udara global yang kuat, kami memulai semester kedua dengan keberhasilan. Kami telah menyaksikan beberapa akhir pekan tersibuk tahun ini pada Juli, dan prospek 2021 dalam hal jumlah penumpang yang terlihat sangat menjanjikan,” ujar CEO Bandara Dubai, Paul Griffiths dalam pernyataannya.

Dubai, yang merupakan salah satu dari tujuh kota yang membentuk Uni Emirat Arab (UEA), merupakan salah satu tujuan pertama yang dibuka kembali untuk sektor pariwisata pada Juli tahun lalu. Wilayah ini menjadi magnet bagi para pengunjung yang ingin menjauhkan diri dari cuaca musim dingin yang suram dan pembatasan Covid-19 yang ketat.

Pemerintah UEA sendiri sudah meluncurkan kampanye vaksinasi Covid-19 pada Desember tahun lalu dan telah memvaksinasi 72% dari hampir 10 juta penduduknya.

Selain itu, pariwisata telah lama menjadi andalan ekonomi Dubai dan sempat menyambut kedatangan 16,7 juta pengunjung pada 2019. Pemerintah, pada tahun lalu sangat mengandalkan kegiatan pameran perdagangan global Dubai Expo 2020 selama enam bulan – yang pelaksanannya sempat tertunda satu tahun dan kini dijadwalkan dibuka pada Oktober guna menarik jutaan pengunjung dan meningkatkan perekonomian.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : AFP

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com