Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Foto yang diambil pada 29 Juni 2020 memperlihatkan pesawat Boeing 737 MAX tengah mendarat setelah uji terbang oleh Federal Aviation Administration (FAA) di bandara Boeing Field di Seattle, Washington, Amerika Serikat (AS). ( Foto: JASON REDMOND / AFP )

Foto yang diambil pada 29 Juni 2020 memperlihatkan pesawat Boeing 737 MAX tengah mendarat setelah uji terbang oleh Federal Aviation Administration (FAA) di bandara Boeing Field di Seattle, Washington, Amerika Serikat (AS). ( Foto: JASON REDMOND / AFP )

Boeing Prediksi Penerbangan Komersial Pulih pada 2024

Rabu, 15 September 2021 | 10:29 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

NEW YORK – Boeing memprediksi bahwa pasar penerbangan komersial harus sepenuhnya pulih dari kemerosotan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, pada 2024. Menurut proyeksinya pasar kedirgantaraan selama dekade berikutnya akan menjadi US$ 9 triliun atau naik dari perkiraan US$ 8,5 triliun pada tahun lalu. Demikian menurut laporan prospek pasar tahunannya.

“Ketika industri kami pulih dan terus beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan global baru, kami tetap percaya diri dalam pertumbuhan jangka panjang untuk kedirgantaraan. Kami didorong oleh fakta bahwa para ilmuwan telah memberikan vaksin lebih cepat dari yang bisa dibayangkan dan bahwa penumpang menunjukkan kepercayaan yang kuat dalam perjalanan pesawat,” ujar Chief Strategy Officer Boeing, Marc Allen pada Selasa (14/9) waktu setempat yang dikutip AFP.

Dibandingkan dengan proyeksi musim gugur yang lalu, Boeing sekarang melihat ada peningkatan pesanan pesawat komersial dan layanan penerbangan selama dekade berikutnya. Juga tingkat permintaan yang sama untuk pertahanan dan ruang angkasa seperti yang diperkirakan sebelumnya.

“Kami telah kehilangan pertumbuhan sekitar dua tahun. Namun, kami melihat pemulihan ke tingkat pra-virus pada akhir 2023 atau awal 2024,” kata Darren Hulst, wakil presiden untuk pemasaran komersial di Boeing, dalam jumpa pers dengan awak media.

Melihat lebih jauh, Boeing menyatakan bahwa prospek pertumbuhan 20 tahun tetap utuh, dengan jumlah perjalanan penumpang rata-rata pertumbuhan tahunan 4% atau di atas 2,7% dalam pertumbuhan ekonomi global yang diprediksi selama periode ini.

Menurut pemaparan Boeing, sejauh ini, layanan rute perjalanan domestik telah pulih jauh lebih cepat daripada perjalanan internasional. Hal ini pula yang mencerminkan perbedaan dalam pembatasan perjalanan. Sekitar 84% perjalanan domestik telah kembali ke level 2019 pada Juli, dibandingkan sekitar seperempat perjalanan internasional.

Di samping itu, Boeing memperkirakan permintaan untuk 32.500 pesawat berlorong tunggal (single-aisle) baru hingga 2040, hampir sama dengan perkiraan pra-pandemi.

Perusahaan juga memproyeksikan permintaan 7.500 pesawat berbadan lebar baru selama periode tersebut – angka ini turun 8% dari perkiraan 2019.

Salah satu area pertumbuhan terpanas di pesawat yang membawa barang, termasuk pesawat yang dikonversi. Boeing memproyeksikan armada kapal kargo global pada 2040 bakal naik 70% dari tingkat pra-pandemi, di mana ini mencerminkan melonjaknya permintaan terkait dengan e-commerce.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN