Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Seorang tenaga medis sedang menyuntikkan rekannya dengan vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Rajawadi di Mumbai, India. Foto ilustrasi: Punit Paranjpe / AFP

Seorang tenaga medis sedang menyuntikkan rekannya dengan vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Rajawadi di Mumbai, India. Foto ilustrasi: Punit Paranjpe / AFP

FESTIVAL SUNGAI GANGGA

Ratusan Ribu Orang Berkerumun Tanpa Pembatas

Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:46 WIB
Grace Eldora (grace.eldora@beritasatumedia.com)

PRAYAGRAJ, investor.id - Ratusan ribu umat Hindu berkumpul di tepi Sungai Gangga India pada Jumat (14/1) untuk mandi suci, meskipun kasus virus corona meningkat 30 kali lipat dalam sebulan terakhir. Umat Hindu percaya mandi di sungai suci pada festival Makarsankranti 14 Januari menghapus dosa.

Sejumlah besar umat sedang berenang di sungai suci yang mengalir melalui negara bagian Benggala Barat bagian timur. Otoritas setempat sebelumnya telah melaporkan jumlah kasus terbanyak di negara tersebut, setelah negara bagian Maharashtra di bagian barat India.

Di negara bagian utara Uttar Pradesh, ribuan umat memadati tepi sungai di kota suci Prayagraj. Hanya sedikit yang terlihat memakai masker.

“Saya tidak bisa bernapas dengan masker,” kata Ram Phal Tripathi pada Jumat, setelah keluar dari sungai.

Ia datang bersama keluarganya dari sebuah desa di negara bagian Uttar Pradesh.

“Setiap tahun saya datang untuk berenang suci. Bagaimana saya bisa melewatkannya tahun ini?” lanjutnya.

India kembali menghadapi lonjakan kasus virus corona, sebagian besar didorong oleh varian Omicron yang sangat menular. Tetapi angka rawat inap rendah, karena kebanyakan orang pulih setelah menjalani perawatan di rumah. Para dokter tidak berhasil mengajukan banding ke pengadilan tinggi negara bagian Benggala Barat untuk membatalkan keputusan mengizinkan festival tahun ini. Pihaknya khawatir festival itu akan menjadi acara di mana virus tersebar dengan sangat cepat dan massal.

Tahun lalu, pertemuan keagamaan besar di India utara berkontribusi pada rekor peningkatan kasus virus corona. Pada Jumat, Kementerian Kesehatan India melaporkan 264.202 kasus baru virus corona dalam 24 jam sebelumnya. Dengan demikian, total penghitungan kasus baru India menjadi 36,58 juta. Sementara itu angka kematian akibat Covid-19 naik 315 kematian baru, menjadi 485.350 kematian menurut data kementerian.

Antisipasi

Di sekitar tepi Sungai Gangga, sejumlah drone menyemprotkan air suci pada ribuan peziarah Hindu. Ini dilakukan untuk mengurangi kerumunan selama festival besar diadakan. Gangasagar Mela di timur negara itu telah menarik perbandingan dengan pertemuan Hindu lainnya tahun lalu, yang ditolak oleh pemerintah nasionalis Hindu. Banyak pihak menyalahkan acara besar tersebut atas lonjakan Covid-19 yang menghancurkan pada 2021.

Para pejabat India mengatakan pihaknya memperkirakan sekitar tiga juta orang, termasuk para petapa, untuk menghadiri klimaks festival di Pulau Sagar, tempat Sungai Gangga bertemu dengan Teluk Benggala.

“Saat fajar menyingsing, ada lautan manusia,” kata pejabat setempat Bankim Hazra kepada AFP melalui panggilan telepon.

“Air suci dari sungai Gangga disemprotkan dari drone ke peziarah... untuk mencegah kerumunan. Tetapi orang-orang kudus dan sejumlah besar orang bertekad untuk berenang... Peziarah, kebanyakan dari mereka tanpa masker, melebihi jumlah personel keamanan,” jelasnya.

Dilaporkan, jumlah orang yang berkumpul berkurang dibandingkan beberapa tahun terakhir. Hujan juga menunda beberapa peziarah untuk melakukan perjalanan. Seorang pejabat polisi yang bertugas di acara tersebut mengatakan tidak mungkin menegakkan pembatasan Covid-19. (sumber lain/afp)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN