Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bendera nasional Tiongkok (kanan) dan bendera nasional Hong Kong (kiri) berkibar bersamaan pada akhir upacara pengibaran bendera untuk menandai peringatan 23 tahun penyerahan Hong Kong dari Inggris, di Hong Kong pada 1 Juli 2020. ( Foto: ANTHONY WALLACE / AFP )

Bendera nasional Tiongkok (kanan) dan bendera nasional Hong Kong (kiri) berkibar bersamaan pada akhir upacara pengibaran bendera untuk menandai peringatan 23 tahun penyerahan Hong Kong dari Inggris, di Hong Kong pada 1 Juli 2020. ( Foto: ANTHONY WALLACE / AFP )

Sepekan Jelang Olimpiade Musim Dingin, Tiongkok Diam-Diam Kunci Wilayah Sekitar Beijing

Sabtu, 29 Januari 2022 | 11:06 WIB
Grace El Dora

BEIJING, investor.id - Pihak berwenang Tiongkok diam-diam menguncih  wilayah tetangga Beijing  setelah beberapa kasus Covid-19 dilaporkan merebak. Meski demikian, pemerintah Tiongkok   mengumumkan kebijakan tersebut pada publik soal pembatasan baru yang diambil seminggu jelang Olimpiade Musim Dingin.

Sekitar 1,2 juta orang di Area Baru Xiong'an, zona ekonomi baru 100 kilometer (km) barat daya ibu kota Tiongkok, tidak lagi diizinkan masuk atau meninggalkan kompleks perumahan mereka. Hal ini dikonfirmasi oleh staf pencegahan virus lokal kepada AFP, Jumat (28/1).

Penguncian yang diberlakukan baru-baru ini di Tiongkok telah diumumkan secara terbuka oleh media pemerintah. Sebaliknya, pembatasan baru di Xiong'an dilakukan pemberitahuan, sehingga mulai memicu kebingungan bagi beberapa penduduk daerah tersebut.

"Kami memperkirakan (penguncian) ini berlangsung sekitar seminggu, tetapi waktu pastinya tidak diketahui," kata staf pencegahan virus di Kabupaten Xiong, Jumat. Daerah tersebut adalah salah satu dari tiga kabupaten di dekat Beijing.

Pembatasan dimulai pada Selasa (25/1). Di hari yang sama, pihak berwenang distrik lain mengonfirmasi lima infeksi virus corona hingga saat ini. Pihak berwenang Tiongkok telah berjuang mencegah gelombang baru virus di beberapa kota besar, termasuk Beijing, sepekan sebelum Olimpiade Musim Dingin dimulai.

Pemerintah Tiongkok melaporkan 39 kasus Covid-19 domestik pada Jumat. Termasuk klaster Omicron baru di kota timur Hangzhou, rumah bagi raksasa e-commerce Alibaba. Sekitar 22 infeksi telah terdeteksi di Hangzhou pada Jumat. Pejabat kesehatan setempat memperingatkan munculnya kasus baru, karena sebelumnya satu pasien menghadiri pertemuan lebih dari 300 orang.

Pemerintah daerah Suifenhe, Provinsi Heilongjiang di sepanjang perbatasan Rusia, juga berlomba membasmi wabah kecil yang terkait dengan varian Delta. Rangkaian gejolak terbaru telah membahayakan rencana liburan festival musim semi bagi jutaan orang.

Sementara itu, event Olimpiade Musim Dingin akan diselenggarakan dengan pembatasan ketat.  Ketentuan ini memisahkan semua orang yang terlibat dalam Olimpiade dari warga Tiongkok, untuk mengurangi penularan.

Dua atlet dan delapan staf yang tiba di Tiongkok dinyatakan positif terkena virus pada Kamis (27/1), mendorong jumlah total kasus positif menjadi 89 kasus baru. Penguncian selama sebulan di kota besar Xi'an dicabut awal pekan ini. Sebelumnya, pemerintah mengatakan telah mengatasi sebagian besar dari sekitar 2.100 kasus baru. Namun virus terus menyebar, termasuk di Beijing dan kota pelabuhan terdekat, Tianjin. (afp/eld)

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN