Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Seorang anak berdiri di atas patung yang mengusung Cincin Olimpiade berjudul Berkencan Dengan Olimpiade Musim Dingin karya Huang Jian, di dekat markas besar Komite Penyelenggara Beijing di Taman Shougang, salah satu lokasi Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, di Beijing,  Foto ilustrasi: Noel Celis / AFP

Seorang anak berdiri di atas patung yang mengusung Cincin Olimpiade berjudul Berkencan Dengan Olimpiade Musim Dingin karya Huang Jian, di dekat markas besar Komite Penyelenggara Beijing di Taman Shougang, salah satu lokasi Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, di Beijing, Foto ilustrasi: Noel Celis / AFP

Sejumlah Pemimpin Dunia Hadiri Olimpiade Musim Dingin Beijing

Sabtu, 29 Januari 2022 | 10:43 WIB
Grace Eldora (grace.eldora@beritasatumedia.com)

BEIJING, investor.id - Olimpiade Musim Dingin mendatang menjadi target boikot diplomatik yang dipimpin pemerintah Amerika Serikat (AS) atas pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Tiongkok. Tetapi masih akan ada pertemuan para pemimpin pada upacara pembukaan Olimpiade.

Sebagian besar pemimpin yang hadir memiliki hubungan politik penting atau hubungan ekonomi dengan negara tersebut.

Presiden Rusia Vladimir Putin adalah pemimpin asing pertama yang mengonfirmasi rencana kehadirannya di Olimpiade Beijing. Orang kuat Kremlin tersebut memiliki hubungan dekat dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Perdana Menteri Pakistan Imran Khan juga akan menuju ke ibu kota Tiongkok. Negara yang berbatasan dengan Tiongkok ini adalah mitra strategis penting.

Di antaranya dalam proyek Koridor Ekonomi Tiongkok-Pakistan senilai US$ 54 miliar untuk meningkatkan infrastruktur, jaringan listrik dan transportasi antara wilayah barat laut Xinjiang dan pelabuhan Gwadar Pakistan.

Mongolia akan mengirim Perdana Menteri Luvsannamsrai Oyun-Erdene, dalam perjalanan pertamanya ke Tiongkok sejak ia naik jabatan pada Januari 2021. Ekonomi negara ini bergantung pada ekspor mineral ke Rusia dan Tiongkok. Pemerintah Tiongkok juga akan menyambut Ketua Majelis Nasional Korea Selatan (Korsel) Park Byeong-Seug pada upacara tersebut.

Presiden Mesir Abdel Fattah Al Sisi dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, serta para pemimpin dari Qatar dan Uni Emirat Arab (UEA) diperkirakan akan menghadiri upacara pembukaan Olimpiade di Beijing. Para menteri dari negara-negara Teluk mengunjungi Tiongkok awal bulan ini, di tengah upaya pemerintah Tiongkok meningkatkan hubungan dengan kawasan yang kaya minyak itu. (afp)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN