Menu
Sign in
@ Contact
Search
Perang dagang Amerika Serikat (AS) - Tiongkok. (Foto ilustrasi: AFP / FILE

Perang dagang Amerika Serikat (AS) - Tiongkok. (Foto ilustrasi: AFP / FILE

AS Tuntut Langkah Konkret Tiongkok untuk Penuhi Kesepakatan Dagang Fase 1

Selasa, 8 Februari 2022 | 13:40 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

WASHINGTON, investor.id – Para pejabat Amerika Serikat (AS) pada Senin (7/2) menyerukan kepada Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) supaya menunjukkan tindakan nyata dalam memenuhi komitmennya untuk membeli tambahan barang dan jasa AS senilai US$ 200 miliar. Komitmen ini tertuang di dalam kesepakatan perdagangan Fase 1 2020 dan 2021 yang ditandatangani oleh mantan presiden Donald Trump.

Para pejabat mengungkapkan bahwa otoritas AS mulai hilang kesabaran dalam menghadapi sikap Tiongkok, yang tidak juga menunjukkan tanda-tanda nyata dalam beberapa bulan terakhir untuk menutup kesenjangan dalam komitmen pembelian dua tahunan yang berakhir pada akhir 2021.

Komentar-komentar itu dilaporkan muncul sehari sebelum Pemerintah AS merilis data perdagangan sepanjang tahun, yang diprediksi para analis menunjukkan kekurangan signifikan dalam hal janji Tiongkok untuk meningkatkan pembelian AS di bidang pertanian serta barang-barang manufaktur, energi dan jasa.

Baca juga:  AS: Hubungan Perdagangan AS-Tiongkok dalam Tahap Sulit

Berdasarkan data perdagangan yang dihimpun rekan senior Peterson Institute for International Economics, Chad Bown, hingga November tahun lalu Tiongkok baru memenuhi sekitar 60% dari yang telah disepakati.

Presiden AS Joe Biden mengungkapkan kesepakatan perdagangan tidak membahas masalah inti dengan Tiongkok, tetapi para pejabat AS telah menekan Negeri Tirai Bambu itu untuk menyukseskan apa yang telah ditandatangani.

“Karena kami mewarisi kesepakatan ini, kami melibatkan (RRT) pada kekurangan komitmen pembeliannya, baik untuk memperjuangkan petani, peternak, dan pabrikan AS juga memberi Tiongkok kesempatan untuk menindaklanjuti komitmennya. Tapi kesabaran kami kian tipis. Tiongkok terus terlibat dengan para pejabat AS mengenai masalah ini, tetapi AS menginginkan tindakan nyata, bukan sekadar pembicaraan demi pembicaraan,” ujar salah satu pejabat, yang dilansir Reuters.

Baca juga: Relasi AS-Tiongkok Memanas Lagi Terkait Pengaruh di Asia

Ditambahkan oleh para pejabat AS, mereka akan terus menekan Tiongkok supaya menunjukkan niat serius dalam mencapai kesepakatan tentang komitmen pembelian mereka.

Di sisi lain, diakuin bahwa kerangka kesepakatan itu memberi mereka sedikit pengaruh untuk menegakkan komitmen pembelian.

Terlepas dari bagaimana negosiasi berakhir, para pejabat AS menyampaikan bakal terus mengincar masalah inti ekonomi yang dipimpin Negara Tiongkok seraya berusaha untuk meningkatkan daya saing AS dengan mendiversifikasi pasar dan bekerja dengan sekutu dan mitra.

Baca juga: AS-Tiongkok Bicarakan Kerja Sama dan Pemulihan Ekonomi

Dalam konferensi perdagangan, Selasa, Deputi Perwakilan Dagang AS Sarah Bianchi mengatakan bahwa Tiongkok telah gagal memenuhi komitmen pembeliannya berdasarkan kesepakatan.

“Di samping itu, percakapan antara Washington dan Beijing sangat sulit,” tuturnya. (sumber lain)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com